Singapura Tertarik Pertanian Kepri

0
638
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun bersama petani cabai di Desa Malangrapat, Bintan, belum lama ini.f-suhardi/tanjungpinang pos

Gubernur dan DPRD Kepri Diundang Mr Lim Kok Thai

Agri-Food and Veterinary Authority of Singapore (AVA) tertarik kerja sama dengan industri pertanian Kepri. Karena itu, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan DPRD Kepri secara resmi diundang agar hadir dalam pertemuan, Rabu (21/3) di Singapura.

TANJUNGPINANG – Permintaan khusus CEO Agri-Food and Veterinary Authority Mr Lim Kok Thai, tersebut menyangkut kerja sama dengan Provinsi Kepri selama kurun waktu 12 tahun. Pertemuan itu selain membahas hubungan baik ke dua negara, juga akan fokus membahas persoalan lainnya seperti flu burung (Avian influenza) atau H5N1 yang merupakan penyakit infeksi virus yang pernah menggemparkan dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga :  Sekdaprov Kepri Rayakan Ultah di Dompak

Flu burung sejak tahun 2009 ditetapkan organisasi dunia WHO berada pada fase pandemik atau penularan yang cukup luas. Kasus pertama flu burung ditemukan di Hongkong tahun 1997.

Anggota DPRD Kepri bidang Perekonomian dan keuangan, Rudi Chua menyampaikan, pertemuan khusus tersebut pokok pembahasan yang paling mendasar membicarakan tentang barang ekspor dari Kepri ke Singapura antaranya, sayur-mayur budidaya perikanan lainnya yang masuk dari Kepri selama ini ke negara mereka.

”Jadi AVA ini, semacam lembaga pintu masuk utama kita dalam bertransaksi mengirim kebutuhan pokok seperti sayur mayur, ikan dan sebagainya. Mereka sebagai klien. Mereka minta jaminan kesehatan dari kita. Selama ini pemasok dari Medan yang juga paling besar memberikan kontribusi budidaya ini,” terang Rudy.

Baca Juga :  Pemprov Segera Rekrut Satpol PP

Ke depan mereka menginginkan, bahwa Kepri sebagai provinsi tetangga, bisa menjadi penopang utama sayuran. Mereka sebagai penopang investasi. ”Kita yang budidaya,” terangnya demikian.

Dalam surat resmi yang disampaikan juga ke DPRD tersebut, sambung Rudi, Singapura siap mendorong agar kerja sama AVA dan Kepri turut membantu mengurangi dugaan misalnya wabah penyakit di Kepri.

Singapura bahkan meminta supaya bisa saling update tentang perkembangan penting kedua belah pihak dan didiskusikan bagaimana AVA dan Kepri bisa menguatkan serta perdalam hubungan.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here