Sinyal Blank, KTP-el Tak Bisa Dicetak

0
668
PETUGAS: Sejumlah patugas pelayanan Disdukcapil saat melakukan pelayanan di Kantor Disdukcapil Anambas.F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – TIDAK adanya jaringan internet, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas tidak bisa memberi pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, pelayanan untuk pencetakan KTP-el dan kepengurusan surat pindah domisili antarkabupaten/kota menjadi terganggu bahkan lumpuh.

Hingga saat ini, Disdukcapil tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa menunggu kapan gangguan tersebut berakhir. Perlu diketahui, setiap tahun para remaja dan masyarakat lainnya membutuhkan pelayanan Disdukcapil untuk mendapatkan KTP-el. Namun, hal itu tidak bisa diperoleh sesuai dengan harapan.

Baca Juga :  Pemkab Persentasikan ASIS kepada KPK

Ironinya, para petugas Disdukcapil tidak bisa memberi penjelasan secara pasti dan seakan pasrah dengan keadaan. ”Sangat disayangkan hanya alasan jaringan yang lemah atau mengalami gangguan. Kita sebagai masyarakat tidak bisa lagi menikmati pelayanan publik yang baik, dalam mendapat identitas yakni KTP-el,” ungkap Fery Irawan, salah seorang masyarakat Anambas, Jumat (8/9).

Mestinya, hal ini tidak perlu terjadi dan harus cepat dilakukan pembenahan. Sebab, masyarakat butuh pelayanan publik setiap harinya. Menurutnya, sejak bulan Juni 2017 ia sudah membuat permohonan percetakan KTP-el bahkan sudah dilakukan perekaman. Tetapi, hingga sekarang KTP-el yang diharapkan tidak bisa diperoleh.

Baca Juga :  Jelang FPM, Tiket Kapal Habis

Tidak memiliki KTP-el, meskipun dibekali dengan surat keterangan namun hal itu cukup merepotkan bagi dirinya dalam mengurus sesuatu. ”Saya sangat kecewa sekali terhadap pelayanan, yang mestinya harus diantisipasi Pemerintah Daerah jika terjadi sesuatu,” katanya.

Ia berharap, Pemda dan Pemprov dapat memperjuangkan ke Pemerintah Pusat dalam hal ini.

Sementara, Kepala Disdukcapil Agus Basir mengatakan, bahwa saat ini belum bisa dilakukan pencetakan dan mengurus surat pindah domisili antarkabupaten/kota. Agus juga tidak bisa memastikan, kapan kiranya bisa dilakukan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkannya. (INDRA GUNAWAN)

Baca Juga :  Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Digesa

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here