Sisa Pengolahan Limbah Kelapa Diusulkan untuk Pertanian

0
330

BINTAN – Agus Wibowo, Ketua DPRD Bintan mengusulkan, agar limbah kelapa sisa pengolahan pabrik PT Bionesia Organic Food (BOF) Lobam, dimanfaatkan untuk pertanian. Usulan ini disampaikan Agus Wibowo saat meninjau PT BOF, Selasa (7/7).

Agus mencontohkan, ampas kelapa dapat dijadikan sebagai pakan ternak. Sabutnya dapat sebagai bahan pembuatan cocopeat. Ini menjadi metode yang baik dalam pengolahan tanah.

Khairul Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian mengatakan, PT BOF merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan buah kelapa menjadi berbagai macam produk olahan pangan. Seperti santan kelapa, cokelat kelapa, susu kelapa dan produk lainnya, yang sudah dalam bentuk kemasan. Target pasar adalah ekspor ke luar negeri.

Baca Juga :  Batu Miring TPU Kampung Kamboja Ambruk

”Ini tentu menjadi kebanggaan Bintan dan bisa menjawab tantangan, bahwa ternyata ada perusahaan yang bergerak di sektor pertanian yang sudah go internasional dan memiliki produk kelas dunia. Tentunya juga harus memberikan manfaat bagi petani di Bintan,” jelasnya.

Perusahaan ini, merupakan peluang bagi petani kelapa di Bintan, untuk meningkatkan produksi buah kelapanya. Mengingat, bahan baku kelapa di PT BOF ini masih diperoleh dari luar Bintan. Hasil buangan (limbah) dari produk olahan kelapa ternyata masih banyak yang belum dimanfaatkan dengan baik. Seperti ampas kelapa, sabut kelapa dan batok kelapa.

Baca Juga :  Sering Karhutla, Kuala Sempang Bikin Damkar Dadakan

”Jika diolah dengan baik, produk limbah ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan,” ujarnya.

Menanggapi usul tersebut, pihak PT BOF sangat mendukung jika ada masyarakat yang ikut memanfaatkan limbah ini. Pihaknya berterima kasih atas dukungan kemudahan berusaha yang diberikan selama ini oleh Pemkab Bintan. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here