Sistem Anggaran MTQ Diubah

0
565
Syarifudin

NATUNA – Belajar dari pelaksanaan MTQ sebelumnya pemerintah telah sepakat melakukan perbaikan seluruh aspek yang terkait dengan pelaksanaan MTQ Kabupaten Natuna, termasuk sistem penganggarannya.

Kabag Kesra Pemkab Natuna, Syarifudin mengatakan, saat ini pemerintah dan DPRD tengah mewacanakan sistem anggaran MTQ 2020 nanti dan MTQ berikutnya agar pelaksanaannya tidak terkendala dari segi anggaran.

”MTQ kita kemarin terbilang berjalan baik, hanya saja ke depan kemungkinan sistem penganggarannya akan berubah. Kami tengah berwacana dengan dewan perihal ini,” kata Syarifudin di kantor DPRD Natuna, kemarin.

Baca Juga :  Sektor Perikanan Natuna Perlu Ditingkatkan

Ia mengaku belum bisa memastikan akan seperti apa sistem penganggaran MTQ itu ke depan. Hanya saja ia mengaku berbagai opsi telah terhimpun. Sejauh ini terdapat dua opsi yang paling populer di kalangan eksekutif dan legislatif yakni anggaran MTQ dianggarkan dalam bentuk hibah ke kecamatan yang jadi tuan rumah dan opsi penganggaran dengan sistem Integrasi.

”Pilihan yang paling santer mengemuka ada sistem anggaran berupa hibah. Dengan sistem ini kecamatan dan panitia akan jadi penanggungjawab tunggal atas pelaksanaan anggarannya. Kemudian ada juga sistem integrasi di mana semua instansi terkait akan terlibat dan akan berada di bawah koordinasi tuan rumah. Tapi ini kan masih sekedar opsi, ke depannya kita liat aja nanti,” jelasnya.

Baca Juga :  Express Air Jadi Solusi Turunnya Harga Tiket

Menurutnya sistem penganggaran ini mesti disepakati lebih awal sehingga anggaran tidak menjadi ganjalan pada pelaksanaan MTQ terutama sekali pada tahap-tahap persiapannya.

”Kita ingin persiapan lebih cepat bisa dilaksanakan, agar jangan sampai ada instrumen-instrumen pendukung yang tidak rampung hingga MTQ berakhir seperti pada MTQ sebelumnya,” tutup Syarifudin. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here