Sistem Langsung Buang, Membandel Dipenjarakan

0
694
f-net

Setelah Seragam Tentara Singapura Diselundupkan lewat Barelang

Masih ingat kisah TNI AL  Lantamal IV menangkap kapal selundupan berisi seragam seken tentara Singapura di perairan Barelang, Batam, November tahun 2016 lalu? Belajar dari peristiwa memalukan itu, Singapore Armed Forces (SAF) memperketat aturan penggunaan seragam angkatan bersenjatanya.

Singapura – MEMANG bukan cuma seragam bekas angkatan bersenjata Singapura waktu itu yang ditemukan TNI AL.

Dalam lambung kapal  KLM Putri Setia yang mengangkutnya, didapati pula aneka barang kelontong dan elektronik. Tapi temuan seragam tentara Singapura itu terlanjur jadi aib bagi wibawa otoritas pertahanan dan keamanan Negeri Singa.

Tak pelak, SAF beberapa bulan terakhir ini merumuskan sejumlah legal baru tata cara penggunaan seragam kedinasan. Pakaian adalah simbol. Lambang kehormatan. Ceroboh sedikit saja mengelolanya, bisa roboh kepercayaan publik pada tentara mereka.

Rabu (1/3) lalu, seperti dikutip dari Strait Times, Menteri Senior Negara untuk Pertahanan Singapura, Mohamad Maliki Osman Kata, mengumumkan aturan main baru tersebut.

Menteri Osman mengatakan, sampah pembuangan seragam-seragam tentara Singapura yang sudah tidak layak pakai, akan dipusatkan di pintu masuk sebuah kamp di area yang dekat dengan daerah penduduk.

Dimana lokasi persisnya, Maliki Osman menyebutkan, akan segera diputuskan dalam dua sampai tiga bulan ke depan.

Dijelaskan, tempat pembuangan limbah seragam tentara ini sudah direkayasa dengan teknologi modern yang memberikan perlindungan maksimal sehingga seragam-seragam itu tidak bakal tercecer lagi kemana-mana. Meski hanya satu helai.

“Katup buka-tutupnya dibuat satu arah, no-return,” jelasnya.

Teknologi canggih ini juga diikuti dengan pelayanan langsung-buang bagi setiap personel angkatan bersenjata Singapura yang merasa seragamnya sudah tidak layak pakai lagi.

SAF menyediakan SAFe-marts bagi tentara yang ingin mengganti seragam lamanya dengan seragam baru. SAFe-marts sementara ini dipusatkan di Base Logistik SAF di kawasan Old Choa Chu Kang Road.

“Seragam-seragam bekas yang terkumpul di SAFe-marts langsung dibakar saat itu juga. Kalau masih ada yang coba-coba bandel mengeruk keuntungan dari sini, saya perintahkan tangkap dan penjarakan,” tegas Pak Menteri lagi. Bukan main.(RAMON DAMORA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here