Sistem Zonasi PDDB Diterapkan

0
87
SEJUMLAH SMA saat membaca buku di perpusatakaan milik sekolah. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga Junaidi Adjam meminta, agar seluruh sekolah di kabupaten yang berjuluk Negeri Bunda Tanah Melayu ini merealisasikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Peraturan Mendikbud (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018 tentang PPDB menyebutkan, zonasi menjadi salah satu unsur utama menerima peserta didik baru mulai jenjang sekolah dasar hingga menengah pertama.

”Peraturan ini bermaksud bahwa setiap sekokah dalam menerima murid baru, untuk memperioritaskan untuk anak-anak dilingkungan sekilah tersebut berada. PPDB saat ini berdasarkan sistem zonasi, maka kriterianya berdasarkan zonasi dan bukan lagi hasil Ujian Nasional,” kata Junaidi Adjam, Minggu (24/6).

Ia menambahkan, dengan sistem zonasi pemerintah berharap akan menghilangkan kesenjangan antar sekolah antara yang unggulan dan non unggulan.

Dengan tidak adanya istilah sekolah unggulan dan tidak unggulan, juga mencegah kesenjangan antar sekolah. ”Sistem zonasi secara langsung, juga mmeningkatkan kepekaan masyarakat untuk memajukan sekolah,” sebutnya.

Setelah sistem zonasi diteeapkan, lanjutnya, Disdik Lingga juga akan melakukan revitaisasi keoengurusan komite sekolah yang sesuai dengan aturan baru yang ditetapkan Kemendikbud. ”Ada format ya g telah ditentukan untuk keoengurusan komite sekolah. Tidak lagi atas kebujakan kepala sekolah,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here