Sistem Zonasi PSB Masih Diberlakukan

0
710
SISWI salah SD di Kecamatan Moro, Karimun saat mengikuti jam belajar di sekolah. f-DOKUMENTASI/TANJUNGPINANG POS

Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ini di Kabupaten Karimun belum menerapkan sistem online. Melainkan, pendaftaran PSB masih menggunakan sistim manual yakni, masih menggunakan formulir kertas biasa.

KARIMUN – PSB tingkat SD dan SMP Negeri belum bisa menerapkan dengan cara online. Meski pada tahun lalu, berencana untuk uji coba PSB secara online tahun ini. Namun, hal ini belum juga bisa dilakukan.

Sebab, pihak Dinas Pendidikan belum menyiapkan perangkat dan aplikasinya. Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun Bakri Hasyim mengatakan, di tahun mendatang Dinas Pendidikan akan fasilitas online untuk PSB. Minimal, bisa dilakukan uji coba terlebih dulu.

Baca Juga :  Konversi Minyak Tanah ke Gas Batal

Zonasi ini tentunya, untuk mencegah bertumpuknya pendaftar pada suatu sekolah. Dengan zonasi diharapkan bisa merata, untuk penerimaan pada setiap sekolah negeri. ”PSB dilakukan serentak pada bulan depan. Zonasi masih akan tetap diberlakukan. Namun, jika ada pelajar yang tinggal di Tebing dan ingin sekolah di SMP Kecamatan Karimun bisa saja dilakukan,” terangnya.

Dengan catatan, surat domisili harus dilampirkan. ”Surat domisili itu harus berada dalam zonasi sekolah yang akan dilamar. Misalnya, kalau ada anak dari Tebing dan ingin sekolah di Kecamatan Karimun, maka bisa menggunakan surat domisili keluarga yang ada dalam zonasi sekolah,’’ jelasnya.

Baca Juga :  Beras Kundur Siap Pasok Kebutuhan Pasar

SD dan SMP negeri pada saat pendafatarn PSB tidak ada pungutan uang pendaftaran.
Jika memang ada ditemukan orangtua atau wali murid, diminta sejumlah dana dari panitia PSB maka bisa melaporkannya ke Dinas Pendidikan Nasional. (ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here