Siswa Bisa Olah Kebugaran Tubuh

0
422
FOTO BERSAMA: Kadispora Tanjungpinang Gunawan Grounimo bersama pegawai menunjukkan sepeda yang ada di ruang Dispora Center, kemarin. f-desi/tanjungpinang pos

Dispora Center Buka di Komplek Pinlang Mas

Siswa Tanjungpinang yang ingin sehat dan selalu bugar, bisa latihan di Dispora Center yang dikelola Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemko Tanjungpinang di Komplek Pinlang Mas Batu 9.

Tanjungpinang – Dalam waktu dekat, Dispora Tanjungpinang akan mengoperasionalkan Dispora Center yang berada tidak jauh dari belakang Kantor Tanjungpinang Pos.

Dibukanya Dispora Center dalam upaya menyediakan wadah bagi siswa, pemuda dan masyarakat umum yang ingin latihan kebugaran dengan biaya murah.

Ia mengaku, Perda-nya sudah ada. Namun, akan dipelajarinya lebih dulu. Apalagi selama ini belum diterapkan meski Dispora Center sudah ada pada masa kepemimpinan yang lalu.

Di tempat itu tersedia berbagai alat GYM. Ada sekitar 30 sepeda umum, sepeda atlet, alat drumband, biliar serta beberapa alat olahraga lainnya.

Hal ini dikatakan Kadispora Pemko Tanjungpinang, Gunawan Grounimo didampingi Sekretaris Dispora Samsudi saat dijumpai Tanjungpinag Pos di Sport Center, Kamis (2/3).

Dituturkannya, Dispora Center akan segera dioperasionalkan. Namun saat ini masih tahap pembenahan dan pembersihan ruangan. Setelah ini selesai, segera akan dibuka untuk siswa, pemuda dan masyarakat umum.

”Mungkin di bulan Maret ini juga akan dioperasionalkan,” tuturnya.

Pihaknya juga merencanakan ada pelatih khusus terkait penggunaan alat olahraga GYM tersebut. Sehingga penggunaannya tepat.

Samsudi menyebutkan, Dispora Center sangat terbuka bagi siswa SD, SMP dan SMA. Bagi sekolah yang ingin berkunjung dan menggunakan alat, bisa saja datang ke sana.

Syaratnya sangat sederhana, hampir sama seperti kunjungan siswa ke Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemko Tanjungpinang.

Yaitu dengan mengirimkan surat permohonan kunjungan, lengkap dengan keterangan waktu kunjungan. Surat inilah dasar Dispora menerima kunjungan setiap siswa.

”Setiap sekolah kan ada pelajaran olahraga, mungkin waktu ini tepat digunakan untuk berkunjung ke Dispora Center dengan jadwal yang ditetapkan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk umum, bisa saja berkunjung dari sore hari dan mungkin akan tetap buka hingga malam hari. Terkait jadwal masih akan dibahas bersama sebelum dioperasionalkan.

Untuk tahap awal, peminjaman alat olahraga masih gratis. Ke depan bisa saja akan ada retribusi namun dipastikan tidak mahal seperti tempat umum.

Pemko tidak akan mengambil keuntungan dari kegiatan ini, namun uang yang terkumpul digunakan untuk biaya operasional dan pemeliharaan alat bila memungkinkan.

Bahkan, jika siswa nantinya ingin meminjam sepeda untuk weekend Sabtu dan Minggu, diperbolehkan. Asalkan mengisi biodata dan form ulir peminjaman sesuai yang ditetapkan.

”Ini kami sedang susun seperti apa mekanismenya. Tetapi akan ada ke arah sana,” tuturnya.

Ia meyakini, belum tentu semua orangtua mampu membeli sepeda. Dengan dibukanya Dispora Center, memberi peluang bagi siswa bermain dan berolahraga sepeda.

Jika siswa SD belum bisa menggunakan alat GYM yang ada jangan ragu untuk datang ke sana. Sebab, dengan datang ke sana bisa mendapatkan informasi dan cara menggunakannya.

Tujuannya dibukanya Dispora Center untuk merangkul anak-anak sekolah dekat dengan dunia olahraga. Untuk atlet, tentu dalam upaya memberikan wadah melatih kebugaran tubuh.

Ditambahkannya, khusus Dispora Center digunakan untuk tempat olah kebugaran tubuh dan olahraga. Pelayanan administrasi dan sebagainya berada di Kantor Dispora Gedung Lima Lantai Pemko Tanjungpinang, Senggarang.

Ke depan di kantor itu akan ada studio musik, tempat pertemuan, tempat teater sebagai wadah kreativitas anak-anak muda.

Mungkin ini tidak langsung ada di 2017, namun sudah direncanakan untuk 2018 mendatang. Jika anggaran tersedia, maka segera direalisasikan.

Ia berharap pemuda di Tanjungpinang kreatif, membuka diri dan terus melakukan aktivitas positif termasuk berolahraga. Dispora siap memfasilitasi dan mengkoordinasikan sesuai kebutuhan.(Desi Liza Purba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here