Siswa Kelas VI SD Mulai Tryout UN

0
1777
SISWA SDIT As-Sakinah 1 Tanjungpinang saat istirahat. Tahun ini sekolah ini akan menamatkan siswa perdana.f-martunas/TANJUNGPINANG pos

SDIT As-Sakinah 1 Pakai LJUN

Menjelang Ujian Nasional (UN) SD yang akan dilangsungkan antara April atau Mei 2018, sejumlah sekolah mulai melakukan persiapan untuk menghadapinya. Seperti yang dilakukan pihak SDIT As-Sakinah 1 Tanjungpinang, sudah menggelar tryout.

TANJUNGPINANG – APALAGI, untuk pertama sekali, sekolah tersebut akan menamatkan murid pertamanya tahun ini. Sehingga mereka sudah memetangkan persiapan dengan harapan, seluruh siswa Kelas VI nanti lulus.

Kepala SDIT As-Sakinah 1 Tanjungpinang Kimiatis Sa’adah,SPD.I mengatakan, pihak sekolah sendiri sudah dua kali menggelar tryout menggunakan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN).

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Lingga, 11 Orang Dikirim Pelatihan

Saat tryout tersebut, siswa mulai mempersiapkan mental menghadapi UN nanti. Siswa diajari bagaimana cara mengisi LJUN yang benar agar tidak rusak dan tidak robek.

Lantaran beru menghadapi tryout perdana, nilai siswa masih rendah. Namun, Kimiatis yakin siswanya akan lulus 100 persen nanti.

Ia menambahkan, selain tryout dari sekolah, akan digelar juga tryout dari JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu). Tryout ini langsung online.

Wanita berhijab ini juga mengatakan, awalnya dirinya sempat mendapatkan kabar bahwa ujian SD tahun ini diganti dari UN menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). ”Tapi saya baru dapat kabar, USBN tidak jadi dilakukan tahun ini. Tetap UN. Kalau UN, mata pelajaran yang diujikan tiga mata pelajaran. Kalau USBN, rencananya 8 mata pelajaran,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, pekan lalu saat menggelar Program Home Stay (PHS) di Kampung Madong.

Baca Juga :  Biasakan Bahas Pelajaran Agama dengan Anak-anak

Ia mengatakan, jika pemerintah menerapkan aturan baru, mereka akan menjalankannya. Karena USBN dikabarkan tak jadi diterapkan, maka mereka menggelar tryout sistem UN.

Adapun mata pelajaran yang diujikan saat UN nanti yakni, Matematika 40 soal, Ilmu Pengetahuan ALam (IPA) 50 soal dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 50 soal dengan jenis soal pilihan berganda.

Tahun ini, ada dua lokal siswa Kelas VI yang akan mengikuti UN di sekolah itu dengan jumlah 60 orang. Sedangkan saat ini, dirinya memimpin 498 siswa Kelas I-VI di sekolah itu.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here