Siswa Libur Panjang Sambut Lebaran

0
1007
BERKUMPUL: Siswa tingkat SMP Kota Tanjungpinang saat berkumpul di Masjid Agung mendengar ceramah dan nasihat-nasihat. f-HUMAS PEMKO TANJUNGPINANG

TANJUNGPINANG – Kalender pendidikan telah menetapkan libur panjang bagi siswa. Dimulai dari libur untuk menyambut Idul Fitri dan disambung libur akhir semester.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, HZ Dadang AG menuturkan,menyambut Ramadan, siswa hanya libur tiga hari, yaitu Jumat (26) sampai dengan Minggu (28/5).
Setelah itu, Senin (29/5) siswa akan kembali masuk sekolah mengikuti ujian kenaikan kelas. Ini serentak untuk siswa tingkat SD maupun SMP.

Terkait lama pelaksanaan ujian tidak semua sekolah sama. Tergantung dari kurikulum yang diterapkan. Untuk sekolah menerapkan kurikulum 13 (K13) akan lebih cepat selesai daripada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006).

Baca Juga :  2.000 Pelajar Ikut KKR

Sebab untuk K13 hanya 10 mata pelajaran (Mapel) yang diujikan, sedangkan KTSP 2006 ada 12 Mapel. Jadi tidak semua sekolah lama pelaksanaan ujian sama. Siswa dijadwalkan akan menerima rapor, Sabtu (17/6). Setelah itu akan libur panjang selama satu bulan sampai dengan, Senin (17/7) mendatang.

”Siswa akan libur panjang menyambut Lebaran dan disejalankan dengan libur kenaikan kelas. Jadi sebulan juga siswa tahun ini libur,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Kepala SMPN 5 Tanjungpinang, Yulismar menuturkan, pelaksanaan ujian kenaikan kelas akan dilaksanakan selama 5 hari. Dimulai, Senin (29/5) sampai dengan Sabtu (3/6) mendatang.

Baca Juga :  Daftar SMAN 3 Batam, Jangan Lihat Zonasi

”Kalau sesuai kalender dinas sampai tanggal 5 Juni, cuman karena SMPN 5 menerapkan kurikulum K 13 jadi pelaksanaan ujian lebih cepat. Berbeda dengan KTSP 2016 lebih lama,” ungkapnya.

Setelah pelaksanaan ujian selesai, siswa tidak langsung libur. Namun ada pelaksanaan pesantren kilat yang dilaksanakan sekitar 10 hari. Berakhir sampai, Jumat (16/6). Setelah itu, Sabtu (17/6) siswa menerima rapor. Dalam pelaksanaan pesantren kilat, pihak Dinas Pendidikan memberikan kewenangan kepada masing-masing sekolah mengatur waktunya. Untuk SMPN 5 Tanjungpinang masuk seperti biasa dan pulang pukul 11.00 WIB.

Baca Juga :  SMPN 12 Kekurangan 75 Unit Komputer

”Kita lebih kepada kegiatan agama nantinya, mengantikan class meeting menunggu mengambil rapor. Kalau sekolah lain programnya sama, tetapi waktu pelaksaan mungkin ada yang berda-beda,” ungkapnya.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here