Siswa Lingga Lirik SBTI Tempat Kuliah

0
85
SEBANYAK 26 calon Maba Kampus SBTI dari Kabupaten Lingga tengah mengikuti tes yang berlangsung di SMK Mahardika Dabo Singkep, Jumat (11/5) lalu di Lingga. f-ISTIMEWA

Puluhan Pelajar Empat Sekolah Ikut Tes Siswa Baru

Baru (MABA) Kampus Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) yang berkedudukan di Lagoi, Kabupaten Bintan ikuti tes Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2019.

LINGGA – Tes tersebut berlangsung di SMK Mahardika Lingga, Jumat (11/5). Dari jumlah itu berasal dari beberapa sekolah setingkat SMA/SMK di Lingga. Diantaranya berasal dari SMAN 1, SMAN 2, SMK 1 dan SMK Mahardika yang menjadi lokasi tes PMB SBTI.

Minat dan bakat untuk bersekolah di bidang pariwisata di Kabupaten Lingga cukup tinggi. Tim PMB yang melaksanakan tes ke Kabupaten Lingga di pimpin oleh Aris Sumarhadi AMD Par dan Marmayatno STR Par.

Hal ini dikarenakan, potensi pariwisata Kabupaten Lingga terus menggeliat dengan adanya beberapa investor sudah menyatakan niatnya untuk mengembangkan beberapa kawasan wisata di daerah itu.

Ketua Panitia PMB Kampus SBTI Rosie Oktavia Puspita Rini MM Par yang juga Dosen Prodi Pastry mengatakan, tahun ini pihaknya membuka pendaftaran lewat tiga gelombang. ”Tes yang kami gelar di Dabo Singkep pekan lalu hanya satu hari. Kami telah membuka PMB sejak April lalu, dan berakhir hingga bulan Juni mendatang,” terang Rosie, Selasa (15/5).

Kampus SBTI, kini memiliki 5 Program Studi (Prodi) unggulan. Prodi itu diantaranya Front Office, Food and Beverages Services, Housekeeping, Food Product serta Pastry. Ia menambahkan, untuk program perkuliahan di SBTI akan ditempuh selama satu tahun.

”Selama 6 bulan, mahasiswa-mahasiswi akan menempuh pelajaran teori dan praktik di lingkup kampus sesuai sarana dan prasarana sesuai Prodi. Sedangkan, 6 bulan lagi, akan ada praktek kerja industri yang langsung praktik di resor-resor kawasan Lagoi,” sebut Rosie.

Belum lama ini, pihaknya mewisudakan 148 mahasiswa-mahasiswi dari Batch 15, 16 dan 17 yang berlangsung di Ballroom Hotel Bintan Lagoon Resorts. ”Setelah Lingga, kemungkinan kami akan melanjutkan program PMB ke Kabupaten Karimun. Ada pun materi tes, yakni tes tertulis, pengetahuan umum, akademik, Toeic (listening, writing, reading, speaking),” ungkap dosen yang akrab disapa Ocie ini.

Direktur SBTI Endang Winduri S Sos MM menyampaikan, tentang perkembangan pariwisata di Indonesia ini semakin meningkat seperti yang diungkapkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menurutnya, salah satu program Presiden RI tersebut untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia. ”Perkembangan pariwisata di Indonesia sudah meningkat dan semakin maju, yang awalnya dari posisi 5 di Indonesia sekarang sudah menduduki posisi 3. Dampaknya ke Bintan sebagai bagian dari Provinsi Kepulauan Riau yang sudah menjadi nomor 3 paling banyak kunjungan wisatawan mancanegara setelah Jakarta dan Bali di peringkat pertama,” jelas Endang.

Dengan pencapaian itu, SBTI sebagai kampus pariwisata tentunya memiliki tantangan dalam mendidik serta menyiapkan tenaga-tenaga profesional di sektor perhotelan yang mumpun dan mampu bersaing. Terlebih, SBTI berdiri di kawasan wisata terpadu bertaraf internasional di Lagoi Kabupaten Bintan.(KAMPUS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here