Siswa Produksi Minuman Jahe

0
127
WAKIL Gubernur Kepri H Isdianto foto bersama dengan siswa usai menjadi inspektur upacara (irup) di SMKN 4 Batam di Tiban Sekupang Batam, Senin (8/10).F-istimewa/humas pemprov kepri WAKIL Gubernur Kepri H Isdianto foto bersama dengan siswa usai menjadi inspektur upacara (irup) di SMKN 4 Batam di Tiban Sekupang Batam, Senin (8/10). F-istimewa/humas pemprov kepri

Isdianto Kagum Lihat Kreativitas Pelajar SMKN 4 Batam

Sejumlah produk siswa SMKN 4 Batam mulai dipasarkan ke masyarakat dan mereka akan membuat usaha. Saat ini, masih proses perizinan. Salah satunya produk minuman rasa jahe.

BATAM – Wakil Gubernur Kepri H Isdianto memuji para siswa SMK Negeri 4 Batam yang memproduksi berbagai macam kebutuhan masyarakat. Produk-produk yang bisa digunakan itu, mulai dinikmati masyarakat umum.

”Itu semua adalah karya siswa yang jadi kebanggaan kita, dan harus kita dukung. Ke depan, kita harap siswa bisa mengembangkan hasil karyanya ini. Selagi masih muda, jangan berhenti berkarya. Tunjukkan prestasimu. Bapak sangat bangga dengan usaha kalian,” kata Wagub usai bertindak sebagai pembina upacara dan melakukan pertemuan dengan majelis guru SMKN 4 Batam di Tiban Sekupang Batam, Senin (8/10).

Sejumlah produk mulai dari pencuci piring, pencuci tangan hingga minuman rasa jahe terpasang di etalase gedung SMKN 4 Batam di Tiban Kecamatan Sekupang.

Produk tersebut adalah karya siswa SMKN yang siap jual. Bahkan sebagian telah dinikmati masyarakat umum. Pengurusan izin juga terus digesa dan masih dalam perizinan ke pihak Balai POM Kepri.

Produk yang jadi kebanggaan tersebut adalah kreasi karya anak-anak dari salah satu jurusan yang ada yakni kimia industi dan kimia analisis, analisis pengujian laboratorium, jurusan multimedia hingga rekayasa perangkat lunak.

Khusus untuk jurusan teknik logistik juga segera membuka pos pay. Yang mana pos pay nanti akan menerima semua jenis pembayaran dari mulai listrik, air hingga bermacam-macam jasa pengiriman logistik.

Bahkan wagub yang sempat mencicipi minuman jahe, juga memuji nikmatnya serbuk jahe karya anak-anak. ”Enak sekali. Luar biasa,” puji Wagub.

Wagub saat bertindak sebagai pembina uapara mengutip pesan Proklamator Bangsa Bung Karno yang menggelorakan kalimat ‘Berikan kami sepuluh pemuda niscaya akan kami guncang dunia’. Kalimat tersebut menjadi pemicu semangat yang harus diresapi dan dicontoh.

Karena pemuda yang hebat adalah masa depan bangsa. Karena dari tangan kalian pemuda hebat, kelangsungan bangsa akan dirajut.

”Saya sangat yakin, adik-adik semua adalah generasi muda yang suatu saat akan tumbuh menjadi pemuda hebat,” tegas Isdianto.

Tak lupa diingatkan juga kepada seluruh siswa untuk senantiasa belajar dengan lebih giat dan rajin. Ikuti apa yang dinasihatkan ibu bapak guru, karena apa yang disehatkan pasti sesuatu yang sangat berguna.

Juga kepada adik adik semua, untuk senantiasa menerapkan sikap disiplin. Karena disiplin yang baik dimulai dari kita.

Wagub juga menyoroti permasalahan narkoba. Dia berpesan kepada para siswa agar jangan sekali-kali mendekati narkoba apalagi menggunakan. Karena barang tersebut sangat terlarang dan tidak ada manfaatnya.

Kepala Sekolah SMA 4 Ahmad Tahir Nasution berterimakasih atas kunjungan Wagub sekaligus menjadi pembina upacara. Dijelaskanya, selain sudah menghasilkan karya siswa, sekolah juga patut mengapresiasi keberadaan jurusan di sekolah ini.

Karena untuk teknik logistik, menjadi sekolah ke-3 di tanah air setelah jurusan serupa ada di Kota Malang dan Yogyakarta.

Bahkan sejumlah pelaku logistik tidak jarang menjadi tamu khusus untuk lebih memperkenalkan jurusan logistik kepada anak didik.

Dia juga bangga dengan banyaknya almuni SMKN 4 yang telah bekerja di sejumlah perusahaan asing dan dalam negeri.

”Bahkan tidak jarang sejak SMKN 4 berdiri 2008 lalu alumni kita sudah banyak diminta oleh sejumlah perusahaan,” jelas Ahmad Tahir seraya menyebutkan kalau jumlah murid mencapai 1.378 siswa dengan 83 pengajar dan tata usaha.

Sejak menjabat jadi Wakil Gubernur, H Isdianto kerap turun ke sekolah-sekolah terutama SMA dan SMK yang kini menjadi wewenang Pemerintah Provinsi Kepri.

Isdianto sering menjadi inspektur upacara. Pada kesempatan itulah Isdianto memberi motifasi kepada pelajar agar memanfaatkan waktunya untuk tekun belajar. Karena ilmu pengetahuan akan mengubah masa depan mereka kelak.

Kemudian, Isdianto juga selalu menasihati siswa agar menjauhi narkoba. Sebab, narkoba akan menghancurkan hidup seseorang. Kalangan muda Kepri diminta menjauhi barang haram itu.

Pada kesempatan kunjungan itu juga Isdianto menampung aspirasi para guru tentang kebutuhan di sekolah itu. Rata-rata, sekolah masih banyak kebutuhannya.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here