Siswa Ratusan, Guru PNS Hanya Dua

0
257
Indah Karyawati

Sejak tahun 2012 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I di Desa Nyamuk, Kecamatan Siantan Timur mengalami kekurangan tenaga pengajar. Jumlah siswa secara keseluruhan sebanyak 137 orang, dan hanya ada dua orang guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sisa guru honorer.

ANAMBAS – Kepala SMAN I Desa Nyamuk Indah Karyawati mengatakan, sejak berdirinya sekolah tersebut ia sudah bertugas sebagai kepala sekolah dan sekaligus merangkap menjadi tenaga pengajar di bidang studi Fisika.

”Tahun 2012 SMAN I ini, diresmikan menjadi negeri sebelumnya masih yayasan dimulai dari tahun 2008,” kata Indah, ketika ditemui, Rabu (26/9).

Menurutnya, jumlah siswa di sekolah itu sebanyak 137 orang setiap kelas diisi sebanyak 20 siswa. Diketahui, jumlah guru honor yang dibayarkan oleh Pemerintah Provinsi Kepri dan ditambah lagi 5 guru dari honor sekolah.

”Guru yang menjadi honor dari sekolah diberikan gaji sekitar Rp1,5 juta per guru. Itupun uangnya bersumber dari iuran, oleh wali murid dan itu sudah menjadi kesepakatan bahkan ada surat edaran dari provinsi,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, ketersedian aliran listrik dimulai dari proses belajar menggunakan mesin genset namun setelah pukul 14.00 siang menggunakan aliran listrik PLN hingga pukul 06.00 WIB.

”Aliran listrik yang digunakan harus dinyalakan 24 jam, karena harus wifi-nya dihidupkan,” ujar dia.

Indah menambahkan, siswa yang mengeyam pendidikan di SMAN I Desa Nyamuk berasal dari sejumlah pulau yang ada di sekitarnya seperti Desa Munjan, Serat, Air putih, Air Belimbing, Teluk Rung dan Tinggil.

Sebagian siswa harus menempuh jalur laut menuju ke Desa Nyamuk untuk proses belajar. ”Jika angin kencang atau kapal pengakut atau kapal kayu mengalami kerusakan diberikan izin untuk tidak masuk sekolah,” kata Indah menjelaskan.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here