Siswa SD dan SMP Ikuti FLS2N

0
961
Pj Wali Kota Tanjungpinang, Drs Raja Ariza bersama Kadisdik Tanjungpjnang, HZ Dadang AG bersama anggota DPRD Tanjungpjnang usai pembukaan FLS2N di Aula SMPN 4 Tanjungpjnang.

Siswa-siswi tingkat SD dan SMP se-Kota Tanjungpinang sedang mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – KEGIATAN FLS2N tersebut sudah dimulai sejak, Sabtu (24/3). Secara resmi, baru dibuka Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs Raja Ariza MSi, Senin (26/3) di Aula SMPN 4 Tanjungpinang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs HZ Dadang AG turut mendampingi Raja Ariza beserta anggota Komisi I DPRD Tanjungpinang. Hadir pada saat itu, Ketua Komisi I DPRD Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu, Simon Awantoko, Hendi Amerta dan Rika Ardian.

Raja Ariza menuturkan, siswa-siswi Tanjungpinang didorong berprestasi bukan hanya akademis namun juga non akademis melalui kegiatan FLS2N tersebut. Siswa diharapkan bisa mengharumkan nama Tanjungpinang hingga ke tingkat nasional.

Ia menilai, Tanjungpinang pantas dijadikan kota seni. Sebab, kawasannya sangat mendukung ditambah dengan prestasi yang ditorehkan siswanya. ”Kita berharap nantinya di Tanjungpinang dibangun gedung kesenian. Jika anggaran Pemko tak mampu, maka meminta bantuan ke provinsi atau pusat,” tuturnya.

Raja Ariza menuturkan, hasil karya anak-anak beserta bantuan pembinaan guru dapat dipatenkan. Kadisdik Tanjungpinang, HZ Dadang AG menuturkan, bahwa FLS2N ini merupakan salah satu cara untuk membangun karakter moral dan kebudayaan siswa.

Jika siswa sudah bisa menguasai alat musik, diyakini juga mampu berkarakter. Sebab untuk menguasai alat musik tidak mudah, butuh proses dan belajar. ”Melalui latihan karakter anak-anak itu akan dibentuk. Anak-anak kita akan dilatih berkolaborasi, mengapresiasi dan berkreasi. Membawa kekhasan masing-masing dalam persatuan,” tuturnya.

Sesuai dengan tema tahun ini, kecintaan terhadap seni budaya bangsa menguatkan karakter menggunakan daya cipta serta membentuk kelembutan hati. Ia menambahkan, tahun lalu siswa-siswi Tanjungpinang berhasil mewakili Kepri ke tingkat nasional. ”Tahun lalu beberapa sekolah mewakili Kepri ke tingkat nasional,” tuturnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Husnari menuturkan, ada rarusan peserta, perwakilan dari 75 SD dan 28 SMP se-Kota Tanjungpinang. Kegiatan akan dilaksanakan selama dua minggu bertempat di Aula SMPN 4 Tanjungpinang dan SMKN 1 Tanjungpinang. ”Kegiatan lomba sudah dimulai dari Sabtu kemarin sampai dengan dua minggu ke depan. Minggu ini untuk tingkat SMP dan minggu depan SD-nya,” tuturnya.

Selain itu, cabang yang diperlombakan beragam. Untuk tingkat SD ada sembilan yaitu Pantonim, mendongeng, lomba cipta pantun, cipta syair, baca puisi, menulis cerpen, bercerita, menyanyi tunggal dan seni tari.

Sedangkan untuk tingkat SMP, desain poster, lomba cipta puisi, cerpen Bahasa Indonesia, debat Bahasa Indonesia, gitar solo, musik tradisional, menyanyi solo, story teling, kreativitas tari. Para pemenang nantinya akan dikirimkan ikut lomba tingkat provinsi. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here