Siswa SD-MI Lulus 100 Persen di Karimun

0
92
Siswa SDS 015 Vidya Sasana Riang Gembira setelah mengetahui lulus Ujian Nasional Tingkat SD tahun 2019, Rabu (12/6). f-alrion/tanjungpinang pos.

KARIMUN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karimun, mengumumkan kelulusan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Rabu (12/6).

Hasilnya, 4.659 orang pelajar SD dan MI dinyatakan lulus. Kelulusan SD dan MI tahun ini 100 persen. Jumlah siswa laki-laki yang mengikuti ujian akhir sebanyak 2.458 orang dan perempuan 2.237 orang.

”Sehingga, total pelajar SD dan MI yang lulus tahun ini ada 4.695 orang. Jumlah yang lulus ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu,” kata Kepala Diknas Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim.

Ia berharap seluruh siswa SD/MI yang lulus tahun ini dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat SMP. Karena tidak ada alasan orangtua untuk tidak melanjutkan pendidikan anaknya sampai tingkat SMP. Anak harus didorong kuat untuk bersekolah sampai minimal sampai tamat SMA.

Bakri menjamin semua lulusan SD/MI dapat tertampung di sekolah negeri. Sesuai dengan prgram nasional, minimal anak-anak itu mengikuti pendidikan formal selama 12 tahun atau sampai tamat SMA. Apalagi, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih menggunakan sistem zonasi.

Mengingat jumlah SMP negeri yang tidak sebanding dengan jumlah SD, sehingga dikhawatirkan tidak bisa menampung lulusan SD dan MI, Bakri menyebutkan, sebelum ujian akhir dilaksanakan, setiap sekolah sudah membuat angket akan melanjutkan apakah ke negeri dan swasta.

Dari penyebaran angket ini, diketahui tidak semuanya melanjutkan ke SMP negeri.

Tapi, ada juga sekolah di SD negeri dan akan melanjutkan ke sekolah swasta. Misalnya, ke SMP plus. Untuk itu, pihaknya menjamin sekolah dan bangku cukup untuk siswa baru tahun ajaran 2019/2020. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here