Siswa Singapura & SMPN 5 Belajar Bersama

0
1200
MENJELASKAN: Waka I DPRD Tanjungpinang Ade Angga menjelaskan apa yang telah diajarkan siswa ACJC kepada siswa SMPN 5 Tanjungpinang.f-DESI LIZA PURBA/TANJUNGPINANG POS

Turut Dibantu Ade Angga dan Simon

Siswa Singapura dari sekolah Anglo Chinese Junior Collage (ACJC) belajar bersama dengan siswa SMPN 5 Tanjungpinang mulai, Senin (27/11) hingga Selasa (28/11) kemarin. Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang Ade Angga pun turut mengajar, kemarin.

TANJUNGPINANG – SAAT itu, Ade Angga turun mendampingi Simon Awantoko anggota Komisi I DPRD Tanjungpinang. Mereka disambut Wakil Kepala SMPN Tanjungpinang Bidang Kesiswaan, Yusuf beserta sejumlah guru.

Yulismar, Kepala SMPN 5 Tanjungpinang tidak bisa mendampingi karena sedang latihan upacara di Kantor Wali Kota Tanjungpinang di Senggarang.

Pada kesempatan itu, Ade Angga turut duduk bersama siswa SMPN 5 Tanjungpinang ketika siswa ACJC mengajari terkait pelajaran Bahasa Inggris.

Usai mendengar penjelasan dari siswa ACJC, Ade Angga berdiri dan menerangkan apa yang dijelaskan siswa Singapura tersebut. Ia pun langsung memberi contoh agar siswa SMPN 5 lebih mudah memahaminya.

Baca Juga :  Bantu Pendidikan, ATB Rutin Gelar Cerdas-Cermat

Para siswa dijadwalkan berada di Tanjungpinang selama empat hari. Mengunjungi dua sekolah dan melaksanakan berbagai kegiatan didampingi tiga guru mereka.

Tiba Senin (27/11) dan langsung berkunjung ke SMPN 5 Tanjungpinang sekitar pukul 14.00 WIB. Mereka mengaku senang atas sambutan warga sekolah yang juga merayakan berbagai kegiatan hari itu.

Yulismar menuturkan, hari itu pihaknya mengadakan berbagai acara. Selain upacara HUT PGRI disejalankan dengan HGN juga dilanjutkan pisah sambut guru yang memasuki masa pensiun. ”Setelah itu, kami penyambutan siswa dari Singapura, jadi semalam seru,” ucapnya sebelum pergi meninggalkan sekolah.

Para siswa ACJC yang terdiri dari 30 orang tersebut melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya, belajar dan bermain bersama di lapangan SMPN 5 Tanjungpinang.
Dilanjutkan dengan penanaman dan akan ada pertandingan futsal yang dilaksanakan di Lapangan Engku Putri.

Baca Juga :  SMKN 1 Punya Bank Sendiri

Simon menuturkan, rencana kedatangan mereka sudah disampaikan sejak setahun yang lalu. Bahkan pihak mereka terlebih dahulu mensurvei beberapa sekolah. Diputuskan ke dua sekolah, yang rencanya hari ini, Rabu (29/11) ke GPIB di Kota Lama.

”Pemilihan dua sekolah ini karena sudah melaksanakan survei, mudah-mudahan memberikan dampak yang baik. Siswa harus lebih berani dan percaya diri menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi,” tuturnya.

Ditambahkannya, kegiatan seperti ini memang bukan kali pertama. Bahkan beberapa sekolah lain di Tanjungpinang pernah di kunjungi siswa lain dari Singapura.
Ia menilai program ini sangat bagus, siswa saling bertukar informasi.

Guru pendamping ACJC mengakui jika sebagian siswa SMPN 5 sudah aktif menggunakan Bahasa Inggris. Itu dibuktikan dalam penyambutan kemarin, ada siswa berbahasa Inggris.

Baca Juga :  Siswa Harus Disiplin di Jalan Raya

Di kesempatan itu, Ade Angga juga berkeliling sekolah. Yang terdiri dari 18 Rombongan belajar (Rombel).

Yusuf di kesempatan itu, mengingatkan wakil rakyat agar mengalokasikan anggaran pembelian komputer persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mendatang.

”Di sekolah ini sudah ada 20 unit pak, kalau bisa tambah 40 unit lagi. Agar UNBK tahun depan tak menumpang lagi,” tuturnya.

Terkait hal ini, Simon akan melakukan komunikasi dengan Disdik dulu. Bila memungkin secara sarana seperti ruangan dan lainnya, maka dapat dibantu komputer. (DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here