Siswa-Siswi Mulai Ikut Seleksi Paskibra

0
97
Para siswa mengikuti tahapan seleksi menjadi Paskibra Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Tim yang dibentuk Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tanjungpinang (Dispora) mulai menseleksi siswa-siswi sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Seleksi gabungan dilaksanakan di Hotel Comforta Tanjungpinang, Senin (25/3). Peserta akan mengikuti empat tahapan seleksi. Mereka yang terpilih nantinya bertugas pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74 pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Kadispora Tanjungpinang, Djasman menuturkan, antusias siswa menjadi Paskibra cukup tinggi. Sesuai data yang dimiliki berjumlah 368 orang. Mereka terdiri dari siswa yang kini kelas X dan XI tingkat SMA sederajat di Tanjungpinang.

Dituturkannya, tahapan seleksi pertama mulai dari fisik. Yaitu tinggi badan, kesehatan serta postur tubuh seperti tidak bungkuk maupun tidak berkaki O maupun kaki X.

Dari tahapan ini, sudah tereleminasi 145 siswa yang terdiri dari perumpuan dan laki-laki. Setelah ini, peserta akan mengikuti seleksi samapta dilanjutkan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) serta tes tertulis dan terakhir wawancara.

“Setiap tahun antusias siswa yang mengikuti seleksi tinggi namun yang lulus sesuai ketentuan hanya 34 anggota,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos.

Selain itu, tim seleksi juga akan menyiapkan 12 siswa terbaik sebagai kandidat ke tingkat Provinsi Kepri. “Kita juga akan persiapkan anak-anak kita ikut seleksi ditingkat provinsi,” ucapnya.

Terkait tim seleksi merupakan gabungan dari TNI-Polri beserta Satpol PP Kota Tanjungpinang dibantu Purna Paskibraka Indonesa (PPI) Tanjungpinang.

Dituturkannya, ini merupakan seleksi gabungan setelah sebelumnya siswa mengikuti seleksi tingkat sekolah. Masing-masing sekolah mengirimkan 20 perwakilan yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri.

Setelah itu, mengikuti proses karantina yang direncanakan 31 Juli mendatang atau 18 hari sebelum bertugas. Sebagai upaya membentuk kepribadian dan cinta terhdap tanah air.

PPTK Seleksi Paskibra Dispora Tanjungpinang, Murdani menuturkan, ada tiga hal dasar yang menjadi penilaian utama saat seleksi ini. Diantaranya postur tubuh dan kemampuan PBB dasar masing-masing siswa. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here