Siswa SMA-SMK Sekaligus Kuliah

0
273
Pelajar SMA sederajat tengah mengikuti perkulihan open campus di Kampus STISIPOL Raja Haji. F-ISTIMEWA

Program Open Campus Stisipol

Meski masih sekolah, namun siswa-siswi SMA/SMK di Kepri, khususnya di Pulau Bintan, sudah bisa kuliah di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – PIHAK Stisipol menggelar program open campus perdana untuk siswa-siswi dari setiap sekolah SMA/SMK di Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang.

Open campus perdana ini dikuti sebanyak 40 siswa yang laksanakan di Ruang 2 Kampus Stisipol Raja Haji pada Sabtu, (14/9).

Kegiatan open campus ini akan dilaksanakan setiap Sabtu supaya tidak mengganggu waktu sekolah bagi siswa yang mengikutinya. Karena siswa belajar Senin-Jumat saja, pada Sabtu dan Minggu mereka libur atau full day school.

Endri Bagus Prasetyo S.Sos MM ketua pelaksana Open Campus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang mengatakan, di hari pertama dilaksanakan open campus ini sudah banyak siswa mengikutinya. Antusias siswa ke depannya akan meningkat lagi.

”Di hari pertama mulai open campus untuk pelajar ini, kita hanya perkenalan awal untuk open campus dan gimana sistem kuliah yang akan diikuti siswa nanti. Hari pertama ini mereka belum mulai mengikuti kuliah,” ucapnya, kemarin.

Pertemuan selanjutnya di open campus ini, siswa baru mulai mengikuti kuliah seperti mahasiswa Stisipol lainnya.

”Ke depannya siswa juga akan diberikan kesempatan bergabung dengan mahasiswa Stisipol untuk mengikuti kuliah. Jadi mereka tidak hanya kuliah bersama siswa, tetapi juga bersama mahasiswa,” lanjutnya.

Open campus ini siswa akan diberikan mata kuliah dasar dan mata kuliah pengantar yaitu mata kuliah Dasar Logika dan pengantar Sosiologi.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambahkan pengetahuan terhadap siswa dan gambaran bagaimana rasanya di bangku perkuliahan nanti, dan juga siswa belajar berpikir kritis seperti layaknya mahasiswa yang bisa berargumen kepada dosen yang mengajar.

”Bukan seperti di waktu sekolah yang hanya mengikuti pelajaran yang berdasarkan kurikulum yang telah diberikan,” kata Endri Bagus Prasetyo lebih lauh.

Walaupun siswa akan mengikuti kuliah seperti mahasiswa di Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang ini, tetapi tidak semua sama seperti mahasiswa yang ada di Kampus Stisipol.

Karena siswa yang mengikuti open campus ini tidak ada Ujian Akhir Semester (UAS).

Siswa hanya diberikan pengetahuan tentang mata kuliah dasar yang ada di Stisipol, dan merasakan duduk di bangku perkuliahan selama 1 semester.

”Karena siswa yang mengikuti open campus ini kelas 3 SMA/SMK/MA jadi kegiatan ini hanya sampai saat sebelum mereka mengikuti tryout sekolah,” tutup Tio.

Pada periode sebelumnya, Endri juga sudah berbuat nyata dengan menggandeng beberapa kampus di luar negeri seperti di Malaysia, Thailand serta Taiwan.

Tujuannya, untuk mengembangkan tingkat kemajuan pendidikan di Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang.

Sekedar diketahui, nama besar pahlawan kebanggaan Tanah Melayu Riau yakni Raja Haji Fisabilillah, telah membangkitkan semangat anak negeri untuk meneladani nilai-nilai perjuangannya dalam wujud pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan.

Sebab hanya melalui pendidikan bangsa ini dapat mencapai kemajuan dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. (ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here