Siswa SMP Menumpang Ujian

0
460
SISWA-SISWI SMPN6 Tanjungpinang saat mengikuti UNBK dan menumpang di SMAN 4 Tanjungpinang. F-martunas/tanjungpinang pos

Dadang AG Usulkan Semua UNBK di Tanjungpinang

Jika tahun 2017 hanay 12 SMP di Tanjungpinang yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), maka tahun 2018 ini semua SMP di Tanjungpinang yang berjumlah 27 unit diusulkan UNBK tahun 2018 ini.

TANJUNGPINANG – KEPALA Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dadang AG mengatakan, usulan agar semua SMP di Tanjungpinang UNBK tahun 2018 ini sudah disampaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) I melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

”Apakah semua akan disetujui, kita belum tahu. Namun semua SMP saya usulkan agar mengikuti UNBK tahun ini. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” ujar Dadang AG kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (7/2) via ponselnya.

Dadang mengatakan, kendala yang dihadapi Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang adalah kurangnya komputer di SMP. Meski demikian, bukan berarti UNBK tidak bisa digelar di semua sekolah. Sebab, masih bisa menumpang di SMK atau SMA yang ada di Tanjungpinang yang memiliki komputer.

”Dan sudah disetujui Pak Mendikbud. Kita masih bisa numpang sekolah dulu,” tambahnya lagi.

Tinggal komunikasi dengan pihak Dinas Pendidikan Pemprov Kepri agar memberi izin menumpang di SMA/SMK yang memiliki komputer. Ia juga menjelaskan, tahun ini Kemendikbud mewacanakan bahwa ujian nanti bukan hanya pilihan berganda. Namun, akan ada juga soal essay.

Dadang mengatakan, jika ini diterapkan, tidak semua soal UN berbentuk essay. Karena masih ujicoba, soal essay hanya beberapa saja. Misalnya, dari 50 soal UN, soal essay-nya kemungkinan hanya lima saja. Sedangkan 45 soal lainnya tetap pilihan ganda.

Kata Dadang, apapun soalnya nanti, siswa harus siap. Pihak sekolah juga harus mempersiapkan siswanya untuk menghadapi UN. Sudah dilakukan pemantapan bagi siswa terutama mata pelajaran yang akan di-UN-kan nanti.

Ia berharap, seluruh siswa SMP Tanjungpinang yang akan mengikuti UN tahun ini bisa lulus 100 persen. Untuk itu, perlu peran berbagai pihak termasuk orangtua agar selalu mengingatkan dan mengawasi anaknya agar rajin belajar di rumah.

Dadang menambahkan, soal UN nanti disusun Kemendikbud dengan tim dari daerah. Namun, penanggungjawabnya tetap Kemendikbud. Terkait apakah ada soal essay saat UN SMP nanti, informasinya belum bisa dipastikan. Sebab, di berita online ada yang menyebutkan tidak diberlakukan.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here