Siswa SMPN 12 Ikuti Pelatihan Wawasan Kebangsaan

0
214
Siswa SMPN 12 Tanjungpinang saat mengikuti pembekalan wawasan kebangsaan, Senin (23/7).

TANJUNGPINANG – Sekitar 195 pelajar SMP Negeri 12 Tanjungpinang mengikuti pelatihan dan kegiatan bertema wawasan kebangsaan yang berlangsung di lingkungan sekolah SMPN 12 yang berada di Kelurahan Air Raja, Senin, (23/7).

Pematerinya adalah Pasi Komsos Korem 033/Wira Pratama Mayor Inf Sugiarto dan dari veteran James Papilaya. Pasi Komsos Korem 033/Wira Pratama Mayor Inf Sugiarto lebih banyak menjelaskan tentang 4 konsensus dasar negara RI yakni tentang makna Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pancasila merupakan Jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia, karena Pancasila memberikan corak yang khas kepada bangsa Indonesia dan tak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia, serta merupakan ciri khas yang dapat membedakan bangsa Indonesia dari bangsa yang lain,” kata Mayor Inf Sugiarto melalui pengeras suara.

Oleh karerrna itu, sebutnya, sangat penting menanamkan jiwa dan kepribadian Pancasila kepada generasi muda bangsa, agar tumbuh dewasa dengan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, sebagai bekal generasi penerus bangsa.
Kegiatan juga dilanjutkan dengan kegiatan outbond dengan materi di antaranya tentang sejarah dan karakter serta Peraturan Baris Berbaris, Dasar Kepemimpinan, serta Pembentukan Disiplin.

James Papilaya juga dalam kesempatan tersebut, berterima kepada Kepala Sekolah SMPN 12 yang mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan wawasan kebangsaan yang disampaikan Pasi Komsos. “Kegiatan seperti ini akan sangat baik untuk menambah pengetahuan generasi muda agar para remaja selalu melakukan kegiatan positif dalam rutinitas sehari-hari.(jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here