Siswa SMPN 16 Numpang Belajar di Ruko

0
867
MENUNGGU JEMPUTAN: Para siswa berada di kawasan SMPN 16 Tanjungpinang sedang menunggu jemputan sepulang sekolah.F-Desi Liza PURBA/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sekitar 40 siswa-siswi kelas VII SMPN 16 Tanjungpinang, terpaksa menumpang melaksanakan proses belajar-mengajar di rumah toko (ruko) tak jauh dari sekolah. Hal ini dikarenakan kekurangan ruang kelas. Kepala SMPN 16 Tanjungpinang, Yulidarnis, Selasa (1/8) menuturkan, tahun ini pihaknya menerima tujuh Rombongan belajar (Rombel).

Bertambah satu dibandingkan tahun lalu yang hanya enam Rombel. Kini, ruang kelas yang masih tersedia hanya 6. Maka pihaknya menerapkan double shift. Yang artinya ada siswa yang belajar di pagi hari dan di sambung siswa lain belajar di siang hari. Terkait ini bukan hal baru, sebab tahun lalu saat bangunan SMPN 16 Tanjungpinang tahap pembangunan, siswa kelas VII nya menumpang di SMPN 7 Tanjungpinang.

Baca Juga :  SMPN di Tanjungpinang Direncanakan UNBK

Dituturkannya, alasan menambah Rombel karena jumlah calon siswa yang mendaftar pada Penerimaan Peserta Dididk Baru (PPDB) kemarin mencapai 400 orang lebih. Sedangkan kuota yang tersedia hanya untuk 240 siswa. Atas dasar itu, pihaknya menambah satu Rombel dan bahkan menetapkan satu kelas berjumlah 42 siswa. Ini memang tidak sesuai dengan Permendikbud nomor 17 tahun 2017 yang menetapkan dalam satu kelas berjumlah 32 siswa.

Meski demikian, ini tidak menyalahi aturan sebab ada Surat Edaran (SE) nomor 3 tahun 2017 terkait PPDB yang menyebutkan jika berdasarkan anasilis kebutuhan, sekolah belum bisa menerapkan jumlah siswa sesuai Permendikbud tersebut maka bisa tunda atau dilakukan secara bertahap. ”Itu saja kita sudah menolak sekitar 100 lebih siswa, atas rekoemndasi dinas dan analisis kebutuhan maka jumlah siswa 42 per kelas,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos. Ia memprediksi siswa menumpang hanya satu semester atau enam bulan. Sebab kini, ruang kelas sedang tahap pembangunan yang bersumber dari APBN. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here