Siswa SMPN 9 Ziarah ke Makam Pahlawan

0
710
DOA BERSAMA: Keluarga besar SMPN 9 Tanjungpinang yang terdiri dari siswa dan guru melaksanakan doa bersama di Makam Raja Ali Haji dan Raja Haji Fisabilillah di Pulau Penyengat, Jumat (10/11). f-AFIFAH/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – MEMPERINGATI hari pahlawan nasional 10 November, keluarga besar SMPN 9 Pulau Penyengat melaksanakan ziarah ke dua makam pahlawan dari Tanjungpinang.

Yaitu Raja Ali Haji yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional 5 November 2014 lalu dan Raja Haji Fisabilillah yang lebih dahulu didaulat sebagai pahlawan nasional 17 Agustus 1997.

Kepala Sekolah SMPN 9 Dra Hj Raja Suzana Fitri, MPd menuturkan, kedua tokoh ini sangat berpegaruh di Indonesia. Seperti Raja Ali Haji, didaulat sebagai Bapak Bahasa Indonesia karena membuat dasar-dasar tata bahasa Melayu yang ditetapkan sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Hardiknas, Siswa Masih Kekurangan RKB

Bahkan Raja Ali Haji juga memiliki banyak karya sastra yang sangat fonumenal. Salah satunya, Gurindam Dua Belas. Serta beberapa lainnya. Sebagai generasi penerus, perlu mengingat dan menghargai jasa pahlawan dengan mengirimkan doa bersama dan menambur bunga. ”Kegiatan kami laksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, usai ziarah, Jumat (10/11).

Siswa perlu mengetahui, bahwa perjuangan untuk menegakkan marwah dan merdeka tidak mudah. Perlu kerja keras, kerja cerdas dan kekompakan. Kegiatan ziarah diikuti seluruh siswa-siswi dan juga seluruh majelis guru beserta staf SMPN 9 Tanjungpinang. Salah satu guru magang, Syahrudin (22) menuturkan, kegiatan seperti ini dapat merefleksikan diri terkait arti perjuangan dilakukan pendahulu.

Baca Juga :  US SD Bukan Penentu Kelulusan

Ini merupakan kegiatan pertama, para siswa terlihat antusias. Kegiatan seperti ini, dirasa perlu terus dilaksanakan setiap tahunnya. Sebelum melakukan ziarah, keluarga besar SMPN 9 Tanjungpinang menggelar upacara bendera di pagi hari di sekolah. Setelah itu, bersama-sama membacakan surat yasin yang dipimpin guru agama. Dilanjutkan berjalan bersama menuju makam Raja Ali Haji dan Raja Haji Fisabilllah yang tak jauh dari sekolah.

Biasanya, tahun-tahun sebelumnya peringatan Hari Pahlawan, hanya melakukan upacara saja. ”Ini positif dan memberikan pemahaman kepada siswa, dari Penyengat lahir tokoh-tokoh besar,” paparnya.(NOVITA-REGINA) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here