Siswa Tidak Dipaksa Beli Baju Seragam

0
889
MENYERAHKAN SERTIKAT: Kepala SMKN 4 Tanjungpinang, Sulasmi SPd menyerahkan sertifikat ke Komite sekolah, Tarsan. f-yoan/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Memasuki tahun ajaran baru, setiap sekolah beserta segenap wali murid masih disibukkan dengan melengkapi seragam anak. Dari pantauan Tanjungpinang, beberapa sekolah, seperti SMKN 4 Tanjungpinang, SMAN 3 Tanjungpinang, SMAN 1 Tanjungpinang dan SMAN 2 Tanjungpinang mengikuti aturan yang ditetapkan Tim Saber Pungli, bahwa pengurusan seragam sekolah diserahkan secara utuh ke pihak komite sekolah.

Ketua Komite SMKN 4 Tanjungpinang, Tarsan Setyobudi, menuturkan memberikan kebebasan kepada setiap siswa atau walid murid. ”Kita sudah rapat antara komite dan wali murid untuk mencari kata mufakat bahwa tidak ada paksaan,” kata dia.

Baca Juga :  Calon Siswa MAN Insan Cendekia Membeludak

Wali murid boleh memilih, apakah mau membeli semua seragam kepada komite, membeli sesuai kebutuhan atau bahkan tidak membeli sama sekali.
Asalkan siswa pada saat proses belajar-mengajar dapat memiliki baju sama dengan siswa lainnya. ”bebas, kita kemarin hanya menentukan tukang jahit yang mana yang mau dituju, supaya ada kesamaan,” ungkapnya.

Terkait mau menjahit dan membeli itu terpulang kepada masing-masing. Hanya saja, karena ini konteksnya adalah baju seragam dalam rapat, wali murid sepakat untuk bersama-sama. Data yang diterima, terkait rincian harga per item sesuai dengan standar ditetapkan bersama. Untuk seragam OSIS yaitu naju putih dan rok abu-abu lengkap dengan lambang yaitu Rp 200 ribu untuk putra dan Rp 220 ribu bagi kaum putri.

Baca Juga :  300 Guru TPQ Ujian Sertifikasi

Topi OSIS senilai RRp 25 ribu, dasi ditetapkan Rp 20.000. Seragam olahraga Rp 190 ribu baju praktek kejuruan Rp 260 ribu, baju kurung 210 ribu. Ring kacu Rp 5 ribu, baju Pramuka Rp 235 ribu, kacu panjang Rp 50 ribu, dan topi Pramuka Rp 25 ribu. Seragam batik putra Rp 235 ribu dan putri Rp 255 ribu. Papan nama dada jepit Rp 20 ribu. ”Ini standar harga yang kami tetapkan,” tambahnya. (cr33)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here