SIUP Seumur Hidup Bikin Bergairah

0
715
Hendra Asman

BATAM – Keputusan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menghapus perpanjangan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan kemudahan mengurus perpanjangan Tanda Daftar Perusahaan (TDP), diharap bisa menggairahkan usaha di Kota Batam.

Hendra Asman, anggota Komisi II DPRD Batam yang membidangi perdagangan, menilai, kebijakan pemerintah pusat itu otomatis menggairahkan dunia usaha perdagangan. Alasannya, pengusaha tidak disibukkan lagi dengan urusan memperpanjang SIUP.

”Ini sangat baik. Sehingga pengusaha tidak disibukkan dengan perubahan SIUP. Ini mirip dan KTP. Ini kebijakan yang sangat membantu dan menggairahkan dunia usaha,” imbuh Hendra Asman, Kamis (23/2).

Dia mengapresiasi kebijak pusat karena mempermudah pengusaha menjalankan usaha.

”Ini kabar baik bagi investasi di daerah,” kata Hendra.

Menurutnya, selain SIUP dan TDP, masih ada perizinan yang tidak perlu diperpanjang per 5 tahun. Perizinan dimaksud terkait dengan Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP). Di mana, IUPP sesuai ketentuannya, harus diperpanjang tiap 5 tahun.

”Yang penting, ada surat layak fungsi untuk melihat keselamatan fungsi gedung. Termaksud Izin Domisili Perusahaan (IDP) tidak perlu diperpanjang, kecuali perusahaan pindah lokasi atau bisnisnya berubah,” imbaunya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here