SKCK Keliling Hadir di Pulau Penyengat

0
595
Pos pelayanan: Seorang personil polisi saat piket di pos pelayanan SKCK Pulau Penyengat, kemarin. f-istimewa

TANGJUNGPINANG – Warga yang ingin membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) akan meningkat drastis beebrapa bulan ke depan. Pasalnya, jumlah warga yang akan mengajukan lamatan kerja akan semakin banyak. Pasalnya, pada triwulan pertama 2018 diperkirakan lowongan CPNS akan dibuka.

Untuk warga Pulau Penyengat, tidak perlu lagi harus menyeberang ke Tanjungpinang untuk mendapatkan SKCK. Polres Tanjungpinang akan membuat layanan SKCK keliling yang akan hadir di pulau Penyengat untuk melayani masyarakat.

Pembuatan SKCK Keliling yang dilakukan oleh Sat Intelkam Polres Tanjungpinang ini khusus dilakukan bagi masyarakat yang jauh jangkauannya dari Polres Tanjungpinang maupun dari jajaran Polsek.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro mengatakan, SKCK Keliling ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat serta sebagai upaya meningkatkan pelayanan prima sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang untuk mengurus SKCK ke Polres maupun Polsek jajaran Polres Tanjungpinang.

Pelaksanaan SKCK Keliling tersebut sudah direncanakan dan disosialisasikan beberapa bulan yang lalu melalui Bhabinkamtibmas serta para personil Polres Tanjungpinang.

”Untuk SKCK Keliling di Pulau Penyengat, kami berlokasi di Kantor Perpustakaan Penyengat yang lokasinya tepat di depan Mesjid Raya Sultan Riau Penyengat. Hal ini mendapat sambutan positif dari Lurah maupun masyarakat Pulau Penyengat,” katanya Jumat (14/12).

Menurutnya, terkait biaya pembuatan SKCK sebesar Rp 30.000, itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Lingkungan Polri.

”Inovasi-inovasi khususnya terhadap pelayanan masyarakat yang salah satunya SKCK Keliling Polres Tanjungpinang yang telah dilaksanakan perdana di Pulau Penyengat Tanjungpinang,” sebutnya.

Kapolres menyebutkan, persyaratan SKCK di antaranya foto copy KTP, foto copy KK, foto copy Akte Kelahiran atau Ijazah, foto berwarna berlatar belakang warna merah dengan ukuran 4 x 6 dan 3 x 4 masing-masing 4 lembar, sidik jari serta pengisian Kartu Tik.

Untuk ke depannya, SKCK Keliling Polres Tanjungpinang akan dioperasikan di daerah-daerah yang jauh jangkauannya dari Polres Tanjungpinang dan dalam pengurusannya SKCK Keliling bisa menerbitkan untuk pemohon baru maupun perpanjang. ”Bisa juga melalui SKCK Online Polres Tanjungpinang di polrestanjungpinang.skck.online,” ujarnya.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here