SMA Sudah Terapkan FDS

0
909
Salah satu guru SMAN 1 Tanjungpinang saat berdiskusi dengan siswanya di halaman sekolah, belum lama ini.f-TUNAS/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Kebijakan sekolah lima hari atau biasa disebut Full Day School (FDS) sudah diterapkan tingkat SMA sederajat di Tanjungpinang.

Berlaku disemester genap tahun ajaran 2017/2018 per 2 Januari lalu. Kepala SMAN 1 Tanjungpinang, Imam Syafii menuturkan, pihaknya mencoba mengikuti peraturan Menteri Pendidikan, terkait penerapan lima hari belajar dalam seminggu. Hampir sembilan jam siswa belajar dalam sehari, datang pukul 07.00 dan pulang pukul 16.00.

”Ini berlaku untuk Senin-Kamis. Sedangkan Jumat pulang ke rumah lebih cepat yaitu pukul 11.30 siang,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (16/1).

Baca Juga :  Pengurus Kwarda Siap Turun ke Sekolah

Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan Jumat, bahkan Sabtu untuk yang tertentu atau khusus. ”Jadi setiap hari siswa sebenarnya pulang sore, bagi siswa SMAN 1 Tanjungpinang itu sudah biasa, karena banyak kegiatan,” tuturnya.

Khusus pematangan siswa kelas XII mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), jam tambahan pelajaran dilaksanakan Sabtu. Mata pelajaran yang diajarkan sesuai ujian nasional nantinya.

Mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Ditambah satu mata pelajaran sesuai dengan jurusan apakah IPA atau IPS.

Siswa tingkat SMP dan SD di Tanjungpinang belum menerapkan FDS, hal ini karena keterbatasan RKB.

Baca Juga :  Bahas Kesejahteraan dan Kemajuan Guru

Kepala Dinas Pendidikan Tanjungpinang, HZ Dadang AG menturkan, untuk tingkat SD agak sulit dilaksanakan karena masih sangat kekurangan RKB.

Sedangkan SMP hampir semua sekolah bisa menerapkan, paling ada beberapa yang memang jumlah RKB nya masih perlu ditambah.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here