SMAN 1 Tanjungpinang Juara I Lomba Drumben

0
779
MEMUKAU: Penampilan salah satu peserta lomba drumben cukup memukau tim juri dan masyarakat yang menontonnya. f-suhardi/tanjungpinang pos

Rangkaian Acara FBK 2017

TANJUNGPINANG – Rangkaian Festival Bahari Kepri (FBK) yang melibatkan pelajar dalam Lomba Drumben Antarpelajar se-Kepri telah digelar, Selasa (17/10) di Pelataran Gedung Daerah, Tepilaut. Kegiatan ini dibuka Staf Ahli Pemprov Kepri, Drs Syamsuandi didampingi perwakilan TNI-Polri.

Tim drumben SMAN 1 Tanjungpinang berhasil menjadi juara pertama. Selain menerima piala sebagai juara pertama, SMAN 1 Tanjungpinang juga menerima piala bergilir Gubernur Kepri. Tim SMAN 1 Tanjungpinang terdiri dari 68 personel tersebut di bawah binaan Muhamad Isa dan dilatih Pendy. Juara kedua adalah tim dari SMPN 9 Bintan dan juara ketiga dari SMP Pondok Pesantren Al Kautsar, Batam. Ada dua juara favorit dalam lomba tersebut, yaitu SMPN 2 Tanjungpinang dan SMPN 12 Bintan yang sebelumnya meraih juara pertama.

Muhamad Isa mengaku kagum dan sangat mengapresiasi kerja keras para anggota tim. Bila biasanya latihan sekali seminggu di setiap hari Jumat, mendekati pelaksaan lomba drumben, anggota tim latihan tiga kali seminggu. ”Anggota tim semangat latihan. Alhamdulillah berhasil menampilkan yang terbaik,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, usai acara.

Baca Juga :  Pramuka Kwarcab Bintan Dilatih Bikin Berita

Hal ini tidak terlepas dukungan dari Kepala SMAN 1 Tanjungpinang, Imam Syafii yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk ikut bertanding. Tim SMAN 1 Tanjungpinang membawakan tema, Tak Melayu Hilang di Bumi. Dengan menampilkan tiga lagu, Lancang Kuning sebagai lagu wajib. Disusul lagu Pak Ketipak Ketipung dan Selayang Pandang.

Pengumuman pemenang lomba drumben berlangsung menegangkan. 12 tim drumben dikumpulkan sembari menunggu hasil perhitungan dewan juri. Ketua Dewan Juri adalah Kapten M Zaky didampingi Peltu R Sutrisno Setiawan dan Kopda Lenggono.

Baca Juga :  RUU Kepulauan Mesti Dikebut

Ketua panitia sekaligus Kadispar Kepri, Buralimar menuturkan, pihaknya telah menyediakan uang pembinaan kepada masing-masing pemenang dan juara favorit. Untuk juara pertama diberikan uang senilai Rp 15 juta, juara kedua Rp 12 juta dan juara ketiga Rp 8 juta. Serta masing-masing favorit menerima senilai Rp 2,5 juta.

Hadiah secara simbolis diserahkan Staf Ahli Pemprov kepri, Drs Syamsuandi serta para perwakilan TNI-Polri. Penilaian dilakukan sesuai 7 kriteria, antara lain aransemen, harmonisasi, keseragaman dan teknik penyajian. Lalu, penguasaan teknik, ketepatan waktu dan irama serta kejernihan suara.

Ketua Dewan Juri, M Zaky menuturkan, banyak tim dari berbagai sekolah menampilkan yang terbaik. Tetapi, karena perlombaan, maka dipilih tiga pemenang dan dua favorit. SMAN 1 Tanjungpinang dinilai berhak menjadi juara pertama karena penampilan mereka sangat bagus. Begitu juga dengan juara dua dan ketiga memenuhi kriteria serta memiliki banyak arasemen yang baik.

Baca Juga :  Roti 73 Meter Gairahkan Pariwisata Kepri

Selain itu, di tempat yang sama ada pelaksanaan Kuliner 10 Kampung dengan menyediakan beragam khas masakan Melayu. Mulai dari nasi dagang, nasi lemak, lakse goreng, lakse kuah serta berbagai jenis kue-mueh lainnya.

Setelah itu, disusul dengan pelaksanaan festival pembacaan Gurindam 12 di Gedung Daerah dimulai pukul 15.00 yang dijadwalkan selesai pukul 21.00 WIB dengan 31 peserta yang berasal dari sekolah di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here