Smansa Diserbu Calon Siswa Baru

0
1014
PSB: Panitia menerima pendaftaran siswa baru di SMAN 1 Batam, kemarin. f-tarmizi/tanjungpinang pos

BATAM – SMAN 1 Batam yang ada di Kelurahan Sungai Harapan, Kecamatan Sekupang diserbu ratusan calon siswa baru yang ingin mendaftarkan diri menjadi siswa sekolah favorit tersebut. Meski pendafataran baru mulai dibuka pukul 7.30, namun calon siswa baru bersama orang tua masing-masing telah berdatangan sejak pukul 5.00, untuk mendapatkan formulir dan nomor pendaftaran. Seperti telah diumumkan jauh hari sebelumnya oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, untuk pendaftaran siswa baru SMA sederajat dilaksanakan Senin (3/7) hingga Jumat (7/7).

Kepala SMAN 1 Batam, M Chaidir menyebutkan, sesuai dengan jumlah kelas yang ada, SMAN 1 Batam hanya bisa menampung 288 siswa baru. Ini berdasarkan julah kursi setiap kelas, yakni 36 kursi satu kelas. Sedangkan jumlah kelas untuk siswa baru ada 8 ruangan. Dari jumlah ini, 90 persen dikhususkan bagi calon siswa yang berdomisili di Kecamatan Sekupang, 5 persen untuk siswa berprestasi dan 5 persen untuk siswa dari luar Provinsi Kepri.

Baca Juga :  ATB Kembangkan Bisnis Berbasis Teknologi Terkini

Dikatakan Chaidir, SMAN 1 tidak lagi menerapkan sistem penerimaan seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana yang menentukan adalah nilai dan hasil tes akademik. Tapi, penerimaan tahun ini mengacu pada Peraturan Mentri Pendidikan No 17 tahun 2017 yang mengharuskan setiap sekolah menerima siswa sesuai zonasi atau yang lebih dikenal dengan istilah rayonisasi.

”Sebagai sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Sekupang, maka kita penerimaan siswa baru tahun ini diutamakan bagi calon siswa yang berdomisili di Kecamatan Sekupang. Kuotanya sembilanpuluh persen. Lima persen untuk siswa berprestasi dan lima persen bagi calon siswa dari luar zonasi, atau dari provinsi lain,’’ jelas Chaidir.

Baca Juga :  Dendi Ditangkap Saat Terima Suap

Kepala SMAN 1 itu menambahkan. Meskipun aturan yang berlaku berdasarkan zonasi, tapi sesuai jumlah kelas dan kursi yang menjadi patokan daya tampung di SMAN 1 Batam, calon siswa yang akan diterima tetap berdasarkan nilai kelulusan dari SMP atau sekolah sederajatnya. Dari 288 calon siswa yang akan diterima, dengan jumlah pendaftaran di hari pertama, Senin (3/7) yang berhasil diinput panitia penerimaan siswa baru SMAN 1 Batam mencapai 550 berkas, maka akan lebih banyak calon yang akan tersingkir.(TARMIZI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here