SMK 1 Optimis Hadapi UNBK 2017

0
450
Wakil Bidang Kurikulum SMKN 1 Tanjungpinang Suyono saat diruang kerjanya. f-M Shendy/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanjungpinang sudah terlihat matang dalam persiapannya menuju Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan tanggal 3 hingga 6 April mendatang. Pihak sekolah mengaku telah melaksanakan dua kali simulasi ujian UNBK.

Wakil Bidang Kurikulum yang notabene Ketua Pelaksana Ujian Nasional (UN) SMKN 1 Tanjungpinang, Suyono, mengatakan nantinya masih akan ada simulasi ketiga atau terakhir.

”Persiapan kita untuk UNBK sudah hampir mkatang. Suda melalui simulasi satu dan dua pada bulan Februari lalu. Simulasi ketiga nanti di tanggal 6 dan 7 Maret,” ujar Suyono, Kamis (2/3) pagi.

Tahap simulasi pertama, siswa-siswi menyelesaikan dua mata mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia dan Matematika. Pada simulasi kedua Matematika dan Bahasa Inggris atau akan sama dengan simulasi ketiga.

Kegiatan simulasi diadakan untuk memberikan gambaran kepada para siswa tentang bagaimana cara mengerjakan soal-soal latihan menggunakan komputer. Dengan demikian, pada pelaksanaan siswa tidak canggung lagi.

”Jadwal simulasi dan pelaksanaan ditentukan oleh pusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ungkapnya.

UNBK SMKN 1 Tanjungpinang nantinya akan diikuti oleh 409 siswa. Dibagi menjaditiga sesi untuk Tujuh lap yang ada. Sebelumnya, siswa juga akan mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) pada tanggal 20 sampai dengan 23 Maret mendatang.

Seperti biasanya, terkait soal UNBK akan di download satu atau dua hari sebelum pelaksanaan melalui proses sikronisasi. Soal UN tersebut dikirim masuk langsung ke server sekolah.

Kendati demikian, Suyono mengatakan bahwa soal UN yang sampai masih dalam keadaan terkunci oleh password sebelum ujian.

”Kalau UN, biasanya kita dua hari sebelum pelaksanaan UN ada proses sinkronisasi namanya. Di situ soalnya itu masuk di sistem server sekolah kita. Tetapi kita juga belum bisa buka pada hari itu karena masih dikunci. Password-nya nanti diberikan di hari H-nya. Kita cuma mendownload soal dan segala macamnya, kemudian kita sinkronkan,” tutur Suyono.

Kahadiran UNBK begitu menarik menurut Suyono, dan untuk siswa dan guru SMK memang sudah terbiasa menjalankan pembelajaran menggunakan teknologi. (cr36)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here