SMKN 1 Memburu Prestasi Tingkat Nasional

0
980

DALAM RANGKA LOMBA CERDAS CERMAT 4 PILAR

Oleh : Totok Haryanto. S.E., M.M

Empat pilar dimaksud adalah Pancasila, UUD NRI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah nilai-nilai luhur bangsa yang menjadi ciri kharakter bangsa. Dengan pemasyarakatan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang tidak terpisahkan tersebut, diharapkan masyarakat memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara yang memungkinkan untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang bernegara dan demokratis, sejahtera dan bermartabat sesuai dengan amanah konstitusi.

Komitmen MPRRI untuk memperluas jangkauan sosialisasi 4 pilar diwujudkan dengan memadukan berbagai bentuk kegiatan, antara lain cerdas cermat, training of trainers, dialog interaktif melalui TVRI, sosialisasi melalui media cetak, sosialisasi langsung kepada kelompok-kelompok masyarakat, serta penerbitan berbagai buku yang memuat sejarah ketatanegaraan, seperti buku Panduan Pemasyarakatan UUD NRI Tahun 1945, buku Materi sosialisasi Putusan MPR berupa Ketetapan dan Keputusan MPR, dan buku risalah Perubahan UUD NRI Tahun 1945.

Kegiatan sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara serta Ketetapan MPR sangat penting karena saat ini masih banyak penyelenggara negara dan kelompok masyarakat yang belum memahami dan mengerti tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga :  Pesona Jala Puspita di Tengah Arus Globalisasi

Selain itu, banyak masukan dan harapan dari masyarakat bahwa sosialisasi yang telah dilakukan memang sudah sangat efektif namun belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat, sehingga MPR RI harus terus melakukan sosialisasi dengan jangkauan yang lebih luas yang diharapkan akan banyak masyarakat paham konstitusi. Masyarakat di wilayah Provinsi Kepulauan Riau saat ini tentunya wajib berbangga dengan kinerja siswa SMK Negeri 1 Tanjungpinang yang begitu semangat tinggi untuk berkesadaran mempelajari dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam 4 pilar tersebut.

Dra. Hajah Zubaidah serta Dra. Hajah Jumiatin selaku guru yang mengampu mata pelajaran PKn secara berkelanjutan begitu serius mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai 4 pilar kepada seluruh siswa di sekolah, sehingga tidak heran jika pada beberapa bulan yang lalu melalui “Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar MPR RI” berhasil meraih juara 1 di tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Keberhasilan ini tentu adanya peran serta dari pihak manajemen sekolah, majelis guru, serta para orang tua siswa yang begitu memberikan kontribusi positif terhadap proses belajar mengajar di sekolah.

Baca Juga :  Meningkatkan Kualitas Iman dan Taqwa di Bulan Ramadan

Pada penerapan kurikulum 2013, SMK Negeri 1 Tanjungpinang sebagai lembaga pendidikan vokasi tidak hanya melakukan penguatan materi pembelajaran yang berorientasi pada bisnis saja, namun yang lebih penting dari itu adalah sekolah terus melakukan upaya membangun karakter generasi bangsa yang unggul dan berkualitas.

Dengan demikian diharapkan pada masa yang akan datang para alumni/ lulusan dari SMK Negeri 1 Tanjungpinang mampu menjadi Sumber Daya Manusia yang tangguh dan berkualitas untuk mengisi program pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau.

Sebagai kepanjangan tangan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Pendidikan yang dinakhodai oleh Drs. Arifin Nasir, M.Si juga memberikan pembinaan dan pendampingan yang begitu intensif kepada SMK Negeri 1 Tanjungpinang yang memang menjadi salah satu SMK rujukan di Provinsi ini.

Adapun siswa-siswa yang akan mengikuti “Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar MPR RI” pada tanggal 8-18 Agustus 2017 yang akan datang antara lain ; Rahmiyati, Nidia Windy Sari, Sheka, Elvin, Veranto, Sindy Fransisca, Rayken Azura Titania, Cristina, Liensy Kho, dan Novia.
Mereka dalam perlombaan tersebut harus menguasai Materi Pancasila, UUD NRI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga :  Optimalkan Peran Masyarakat Untuk Keberhasilan Program Dana Desa

Sedangkan materi penunjangnya adalah Pengetahuan Umum. Peserta cerdas cermat dari siswa SMK Negeri 1 Tanjungpinang rencananya juga akan unjuk kebolehan melakukan pentas seni “Putri Pulau Buluh” dan tarian Melayu. Tidak lupa mereka juga akan menunjukkan kebolehan berpantun Melayu sehingga menjadi sebuah momentum untuk mempromosikan nilai-nilai kearifan lokal di negeri Segantang Lada.

Penulis sebagai salah satu guru yang mendedikasikan dirinya di SMK Negeri 1 Tanjungpinang, memohon dan berharap kepada seluruh masyarakat Provinsi Kepulauan Riau untuk ikut mendoakan agar siswa peserta lomba meraih prestasi maksimal dan mengharumkan nama Kepulauan Riau di tingkat nasional. ***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here