SMPN 1 Posek Lingga Gelar Persami Perdana

0
892
Kepala Sekolah SMPN 01 Kepulauan Posek Jamalis S.pd foto bersama peserta Persamif-ISTIMEWA

LINGGA – Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kepulauan Posek, Pulau Panjang Kabupaten Lingga, menggelar kemping dalam kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) yang dilaksanakan di lapangan sekolah itu, Sabtu (4/11).

Kepala sekolah SMPN 1 Kepulauan Posek Jamalis S.Pd mengatakan, kegiatan itu ingin menambah pengetahuan tentang Pramuka kepada seluruh siswa.

Kepramukaan merupakan salah satu bentuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan Pramuka pada umumnya diminati oleh semua siswa karena memang sangat menyenangkan.

”Tujuan kegiatan ini untuk menggerakkan semua siswa paham dan mengerti, apa itu Pramuka, apa manfaatnya bagi mereka. Karena selama ini mereka sangat awam dengan Pramuka ini,” ungkap Jamalis.

Baca Juga :  Polres Segel Lokasi Tambang Emas

Adapun kegiatan yang dilaksanakan, diikuti oleh sebanyak 33 siswa. Kegiatannya, tidak hanya sekedar perkemahan namun terdapat beberapa lomba, cari jejak dan hiking.

Siswa sedang mengikuti rangkaian kegian Persami

Jamalis juga menambahkan, sebagai sekolah yang terpencil yang masih banyak ketinggalan dalam hal fasilitas dan jangkauan transportasi dari pemerintah setempat ini juga merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh SMPN 1 Kepulauan Posek.

”Kegiatan Pramuka ini merupakan kegiatan perdana dilakukan oleh SMPN 1 Kepulauan Posek dari pertama sekolah ini berdiri. Dengan dimulainya kegiatan ini tidak membuat kemungkinan ke depannya akan kita membuat kegiatan lainnya yang bersangkutan dengan pendidikan,” tutupnya.

Baca Juga :  Air PDAM Makin Keruh

Ia pun berharap, dengan Gerakan Pramuka dalam membina serta mengakrabkan sesama siswa-siswi.

Selain itu, dapat mendorong semangat siswa-siswi untuk dapat berprestasi dalam mata pelajaran dengan memperoleh nilai yang bagus.

Dengan beraktivitas di luar rumah, tentunya menjadi nilai tersendiri bagi siswa-siswi dalam hal ilmu bertahan di luar rumah (outdoor).

Bahwa usia siswa, merupakan saat yang tepat untuk pembentukan karakter yang baik pada anak. Salah satunya, dengan aktivitas Kepramukaan ini. Karakter baik dimaksud antara lain watak, kepribadian dan akhlak mulia.

Baca Juga :  Awe Larang OPD Rekrut PTT dan THL

”Melalui kegiatan persami akan terbentuk nilai-nilai agamais, cinta tanah air, sopan santun, disiplin waktu dan patuh pada guru serta orangtua,” ungkap Jamalis.

Ia juga menambahkan, kegiatan Persami Pramuka akan bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik siswa.

Sebab, rangkaian kegiatan persami Pramuka akan melatih ketangkasan fisik serta melatih kecakapan motorik siswa. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here