SMPN 2 Tebing, Jadi Sekolah Ramah Anak

0
124
PIHAK SMP Negeri 2 Tebing menyaksikan siswa menandatangani deklarasi Sekolah Ramah Anak di sekolah tersebut, Selasa (30/4). f-istimewa

KARIMUN – SMP Negeri 2 Tebing, Karimun, Selasa (30/4) kemarin melaksanakan deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) tahun 2019. Pada kegiatan itu, dihadiri Kadis Pendidikan Karimun Bakri Hasyim dan orang tua siswa.

Kepala SMP Negeri 2 Tebing, Karimun, Raja Hernayati mengatakan, deklarasi SRA dilaksanakan untuk meningkatkan peran serta wali murid dan semua pihak serta mutu hasil pendidikan setelah lulus sekolah.

SRA yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tebing Karimun, bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan serta mewujudkan sekolah aman, sehat, hijau, asri.

Selain itu, juga menghargai anak, guru jadi sahabat siswa dan menghindarkan sekolah dari vandalisme kekerasan fisik.

Dengan deklarasi itu, agar terciptakan sekolah bebas asap rokok, miras.

Dengan demikian, sekolah SRA harus mampu membangun suasana sekolah sebagai tempat pendidikan setelah keluarga, bebaskan sekolah dari pornografi, tingkatkan spiritual anak,.

Kadis Pendidikan Bakri Hasyim mengatakan, bahwa menerapkan perilaku yang baik pada anak.

Bermuara pada karakter anak, lanjut Bakri, deklarasi artinya bahwa deklarasi salah satu indikator untuk menjadi sekolah ramah anak tingkat nasional.

Menurutnya pada kurikulum 2013, menitikkan beratkan pada sikap dan perilaku anak.

”Mutu pendidikan ada pada 3 tungku yaitu Ada sekolah, ada pemerintah dan ada orang tua siswa. 3 tunggu harus sejalan, pemerintah sesuai dengan wewenang sebagai pelaksana, orang tua mendukung program sekolah,” terang Bakri Hasyim.

Perlu diketahui, SRA bukan lah barang baru tetapi sudah lama dikembangkan melalui kota layak anak dan kabupaten layak anak.

Untuk itu, perlu ditingkatkan lagi dengan harapan ada partisipasi dari masyarakat. Sehingga sarana dan prasarana yang dibangun harus layak anak. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here