SMPN 7 Siap Ikuti O2SN Tingkat Kota

0
1795
PULANG: Siswa SMPN 7 Tanjungpinang saat bersiap pulang menuju rumah masing-masing. f-desi liza purba/tanjungpinang pos

Eskul Wadah Siswa Berlatih

TANJUNGPINANG – Kepala SMPN 7 Tanjungpinang, Misnaneli menuturkan, sudah mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba tingkat nasional 2017 ini.

Lomba tingkat nasional tersebut di antaranya Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Serta lomba lainnya yang mungkin ada.

Pihak sekolah mempersiapan dengan menyaring siswa dari setiap program pembinaan atau ekstrakurikuler (Eskul) yang ada. Itu merupakan wadah bagi siswa menyalurkan minat dan bakat, untuk terus diasah.

”Kami memiliki beragam kegiatan pembinaan siswa. Ada bidang olahraga, puisi, marawis, serta lainnya seperti Pramuka, PMR dan baris-berbaris,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (10/2) di jumpai di ruang kerjanya.

Untuk bidang OSN nantinya, dengan tiga mata pelajaran yang dilombakan, yaitu Matematika, IPA dan IPS yang akan disaring melalui kelas unggulan. Setiap anggkatan ada satu lokal kelas unggulan. Dengan jumlah sekitar 34 siswa per lokal.

Baca Juga :  Masing-masing Sekolah Cetak Soal USBN

Terkait Eskul, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pihak sekolah bahkan sampai mendatangkan guru dari luar. Biasanya ini, untuk beberapa bidang yang gurunya tidak ada di sekolah.

Dituturkannya, seperti bidang marawis, selain guru dari sekolah ada juga guru dari luar. Hasilnya juga sangat memuaskan, bahkan siswa yang dilatih berhasil meraih juara di tingkat Kota Tanjungpinang.

Sehingga untuk lomba di tingkat nasional, pihak sekolah sudah mempersiapkan. Tinggal memilih dan melakukan pelatihan lebih menjelang persiapan mendatang.

”Jadwal latihan setiap eskul sudah ditentukan, apakah di hari Selasa, Rabu Kamis dan Sabtu. Untuk Senin dan Jumat tidak ada tambahan bagi siswa,” terangnya.

Baca Juga :  Sekolah Tidak Boleh Tahan Ijazah Siswa

Biasanya, siswa mengikuti latihan dua jam setiap pertemuan. Yang dilaksanakan setelah pulang sekolah, sehingga tidak mengganggu aktivitas belajar.

Ditambahkannya, dari lima cabang olahraga (Cabor) yang dilombakan akan ada perwakilan siswa ikut serta. Diantaranya Atletik, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat dan Karate. Jumlah ini berkurang dari tahun sebelumnya yang ada delapan.

”Sangat disayangkan, cabor bola voli tidak ada tahun ini, padahal tahun lalu mewakili Tanjungpinang ke tingkat provinsi dan bahkan nasional. Tapi ini keputusan dari pusat dan Insya Allah kami ikuti lima cabor yang dilombakan,” ujarnya sembari menyebutkan kini memiliki 1.207 siswa dengan 29 rombongan belajar di sekolah tersebut.

Baca Juga :  Siswa Pulau Harus Bertekad Mampu Bersaing

Ia menilai, program pembinaan sangat penting diadakan di sekolah. Ini lah wadah membina kemampuan siswa.

Untuk terus menghidupkan program ekstrakurikuler di sekolah, biasanya pada penerimaan siswa baru, setiap siswa diminta memilih minimal satu kegiatan pembinaan yang ada di sekolah. Melalui data tersebut nantinya siswa di kumpulkan sesuai dengan pilihannya untuk terus di latih.

”Tiap tahun ada regenerasi dari siswa yang lulus setiap tahunnya,” tutur Neli, begitu sapaan akrabnya tersebut. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here