Soerya Deklarasikan Perjuangan Provsus Barelang

1
923
Deklarasi: Para tokoh pembentukan Provinsi Khusus Barelang saat deklarasi, kemarin. f-istimewa

BATAM – Mantan Wakil Gubernur Kepri, HM Soerya Respationo mendeklarasikan perjuangan pembentukan Provinsi Khusus Batam, Rempang Galang (Barelang). Sekaligus pada deklarasi itu, diumumkan Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Khusus Barelang dipimpin Taba Iskandar sebagai Ketua Umum dan Soerya bertindak sebagai Ketua Dewan Pertimbangan.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Batam, HM Rudi yang memimpin wilayah Batam, Rempang dan Galang, Senin (12/6), enggan mengomentari. Rudi memilih tidak mengomentari perjuangan yang dideklarasikan, walau tahun lalu Rudi sempat menyatakan dukungan untuk pembentukan Provinsi Khusus Batam. ”No comment. Saya tidak komentar. Pak gubernur saja yang komentar, karena beliau yang punya wewenang,” kata Rudi singkat.

Baca Juga :  Kejar PAD, Tapping Box Ditambah 500 lagi

Malam sebelumnya di Batam, Soerya dan Taba Iskandar yang saat ini menjadi anggota DPRD Kepri, mendeklarasikan pembentukan provinsi khusus. Pada naskah yang dibacakan Taba, disebutkan perlunya memperjuangkan terbentuknya provisi khusus Barelang.

”Karena itu, kami akan segera bekerja dengan sungguh-sungguh, tulus dan ikhlas demi pembangunan pulau Batam, Rempang, Galang dan pulau sekitarnya, serta tercapainya cita-cita Batam sebagai ujung tombak ekonomi nasional,” katanya.

Menurut Taba, pembentukan provinsi khusus ini menjadi solusi, dalam mengatasi sejumlah persolan di Batam. ”Kita memperjuangan provinsi khusus, untuk mendorong percepatan pertumbuhan, sehingga bisa bersaing dengan negara tetangga,” tegas Taba.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Yakin Gubernur Mampu Atasi Krisis

Diingatkan Taba, Batam sejak awal sudah didesain untuk bersaing dengan Singapura, Malaysia serta negara Asia lainnya. Untuk bisa bersaing dengan negara tetangga, setidaknya Batam harus menjadi provinsi khusus. Sehingga potensi pengembangan ekonomi yang besar dan strategis, tidak hilang.

”Ini langkah awal dan akan dilanjutkan dengan kajian akademis. Akhir 2017, semoga sudah bisa keluar. Termaksud kajian potensi pengembangan ekonomi,” harapnya.

Sementara, Dewan Pertimbangan,Badan Perjuangan, Soerya Respationo berharap masyarakat mendukung, melalui dukungan doa dan semangat. Harapan itu muncul, karena perjuangan provinsi khusus diakui, dimaksudkan untuk mendorong penyelesaian masalah di Batam.(MARTUA)

Loading...

1 KOMENTAR

  1. Langkah konkrit dalam mewujudkan Prov. Khusus Barelang yg selama ini hanya wacana bertahun-2. Dengan pembemtukan Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Khusus Barelang mewujudkan Batam, rempang galang yg lbh maju & sejahtera bagi masyarakat Barelang. Selama ini batam menopang lbh dari 65% perekomian prov kepri. Dan bila mau dibuat kajian dgn metode apapun barelang layak menjadi prov khusus (infrastruktur, SDM, potensi daerah, jumlah penduduk, pendapatan asli daerah, industri, dsb.). Diharapkan dgn terbentuknya Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Khusus Barelang dapat mewujudkan dan mempercepat terbemtuknya prov khusus Barelang shg Batam bisa lbh fokus dlm pengembangan ekonomi & investasinya. Kita ucapkan selamat pd pak Taba, pak Soeryo, dan tokoh masyarakat & politik lainnya yg mendukung pembentukan Provinsi Khusus Barelang. Masyarkat Batam agar kiranya mendukung penuh langkah Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Khusus Barelang untuk Barelang yg sejahtera dan lbh maju. Diharapkan menjadikan Prov. Khusus Barelang sbg lokomotif pembangunan & perekonomian nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here