Soerya Minta Jaga Keragaman, Ciptakan Kedamaian

0
1961
TOKOH masyarakat Kepri saat menghadiri Pesta Bona Taon Siraja Hutagalung Kota Batam, Minggu (23/2) kemarin.

BATAM – Tokoh masyarakat HM Soerya Respationo mengatakan bahwa Kepri adalah provinsi yang sangat menghargai keragaman. Penghargaan itu terlihat dengan adanya seluruh suku bangsa dan agama di Negeri Segantang Lada ini.

Karena itu keragaman itu harus dijaga sehingga selalu tercipta kedamaian di sini. ”Minggu ini saya bahagia sekali karena bisa hadir di banyak kegiatan yang menampilkan keberagaman di Kepri. Bahkan hari ini (Minggu) saya bisa menghadiri empat pesta bona taon. Semuanya membawa semangat kedamaian untuk Kepri,” kata Soerya, di Batam, Minggu (23/2).

Sepanjang Minggu kemarin, Soerya memang berkeliling di berbagai wilayah Kota Batam untuk menghadiri pesta bona taon sejumlah marga yakni Pesta Bona Taon Siraja Tambun, Pesta Bona Taon Siraja Hutagalung, Pesta Bona Taon Sinambela dan Pesta Bona Taon Manullang, Boru Bere/Ibebere Tahun 2020 se-Kota Batam.

Bagi Soerya, kedekatannya dengan masyarakat Sumut sudah terjalin sejak lama. Karena itu, dalam banyak kesempatan dia selalu hadir dan bersilaturahmi dengan kegiatan yang diselenggarakan masyarakat Sumatera Utara.

Walaupun acaranya menunjukkan identitas keragaman suku, tapi semua menunjuk cinta untuk Indonesia dan Kepri.

Kata Soerya, mereka berpegang bahwa hanya Pancasila yang menjadi ideologi dan kekuatan sebagai penyatu bangsa.

”Kita disatukan oleh Ideologi Pancasila. Tentu tetap berpegang pada prinsip dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” kata Ketua DPD PDIP Kepri ini.

Soerya ditemani Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, anggota DPRD Batam Erikson Pasaribu dan lainnya. Soerya disambut hangat di seluruh acara sekali setahun tersebut. Bagi warga, Soerya bukan lagi sosok yang asik. Soerya dianggap tokoh yang berpengaruh dan juga bersahabat serta tidak pandang bulu dalam pergaulannya sehari-hari.

Sehingga, wajar jika kedatangan Soerya ke setiap pesta bona taon seperti itu selalu mendapat sambutan hangat dan ceria dari masyarakat.

Sebelumnya pagi-pagi sekali, Soerya Respationo sudah diminta menjadi saksi kawinan putri Pak Wibowo, warga Bengkong.

Dan Setelah acara bonataon Kel Besar Toga Sinambela dan Manulang, ia diundang untuk pertemuan dengan Fosiwaja (Forum Silaturahmi Warga Jakarta) di daerah Tiban, Kecamatan Sekupang. Kegiatan sosialnya makin tinggi. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here