Solidarity Is Our Priority

0
828
Dian Fadillah, S.Sos

Oleh: Dian Fadillah, S.Sos
Ketua Sanggar Lembayung, Kepri

Indonesia Negara yang kaya. Indonesia Negara yang hebat berikut juga penanut agamanya yang hebat. Indonesia sebagai Negara yang besar terkenal dengan multi religius, multi etnis dan multi budaya. Complicable Negara kita Indonesia yang secara negative sekaligus positif memiliki tugas berat dalam menjaga keanekaragaman budaya bangsa.

Hari raya Nyepi merupakan acara peringatan tahun baru Saka berdasarkan kalender Bali. Kalender itu merupakan kalender modifikasi yang berasal dari India dengan tambahan elemen-elemen masyarakat Bali setempat. Dalam kalender Masehi, hari raya Nyepi selalu jatuh di antara bulan Maret dan April dan terkhusus untuk tahun ini hari raya Nyepi dirayakan pada hari Selasa tanggal 28 Maret 2017 (1 Saka 1939).

Baca Juga :  Parenting Berkarakter di Era Digital

Hari raya Nyepi dirayakan oleh umat Hindu di Indonesia. Nyepi berasal dari kata sepi yang berarti sunyi dan masyarakat Hindu berhenti dari semua kegiatan di hari suci ini.

Di propinsi Bali sendiri di mana sebagian besar masyarakatnya menganut agama “Hindu” semua aktivitas umum juga ditiadakan kecuali untuk rumah sakit. Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Denpasar Bali ditutup selama 24 jam.

Keragaman agama dan budaya itu jealas terpancar dengan konsep Solidarity is Our Priority dengan adanya suaty agama dalam merayakan haru besarnya.

Islam pada saat merayakan idul fitri dan adha, Kristen pada saat merayakan natal dan tahun baru, Budha merayakan Imlek. Begitu juga pada saat agama hindu akan merayakan nyepi sebagai hari raya nya.

Baca Juga :  Konsep Kampung dalam Urban Farming

Masing masing pihak tanpa melihat agama apaun berserta umat beragama pasti sudah paham bagaimana sudah diajarkan bagaimana cara menghormati acara acara dan hari hari saklral keagamaan. Bagaimana cara menghormati yaitu diantaranya Ikut menjaga ketertiban keamanan sebelum pada saat dan setelah hari Raya Nyepi.

Upaya- upaya yang diharapkan dalam tujuan setiap agama berupaya agar masing masing umat beragama meyakini dengan jelas bahawanya penting adanya saling menghargai orang yang sedang beribadah menurut agama dan keyakinan masing masing sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 1 yaitu menghoranmati kepercayaan masing masing.

Baca Juga :  Peran dan Strategi Pelaksanaan APBN 2018

Dengan tema hari raya nyepi kali ini diharapkan Umat Hindu yang merayakan hari besarnya baik itu di Bali, di daerah dareah Indonesia dapat meningkatan keagamanaan yang dimilikii.

Bagi umat bneragama dan kepercayaan lain agar dapat meningkatakan sikap dan prilaku dengan mendahulukan solidaritas sebagai prioritas utama dalam menjaga pundi pundi konsep keagamaan dalam berbangsa dan bernegara agar tercipta momentum memperkuat toleransi keagamaan suatu idaman pendahulu kita terutama The Founding Father sebagai Negara Indonesian yang agamis dengan motto “Damai di hati damai di Jiwa”. ***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here