Sosok Suryatati A Manan Untungkan Lis

1
1635
LEBARAN: Hj Suryatati A Manan didampingi putri sulungnya, Maya Suryanti menerima kedatangan ribuan masyarakat di kediamannya saat Idul Fitri, beberapa tahun lalu. f-DOK/TANJUNGPINANG POS

Sosok mantan Wali Kota Tanjungpinang Hj Suryatati A Manan yang telah memimpin Tanjungpinang selama 17 tahun menguntungkan Lis Darmansyah. Pasalnya, Suryatati bakal turun gunung membantu Lis Darmansyah yang berpasangan dengan Maya Suryanti. Maya Suryanti merupakan anak dari Suryatati.

TANJUNGPINANG – Lis Darmansyah diyakini bakal mengandeng putri Hj Suryatati A Manan, yakni Maya Suryanti, sebagai bakal calon Wali Kota Tanjungpinang yang akan digelar 2018. Selama memimpin 17 tahun, Suryatati A Manan dikenal sangat dekat dengan masyarakat.

Bahkan, di Pilkada 27 Juni 2018 mendatang, Hj Suryatati A Manan tentu saja turun gunung. Ia diperkirakan bakal jadi jurkam paslon Lis-Maya. Hal ini diungkapkan Pengamat Politik Provinsi Kepri, Endi Maulidi, kemarin. ”Pasti dong. Nama besar Hj Suryatati A Manan bisa menguntungkan pasangan Lis,” kata Endi Maulidi, baru-baru ini.

Baca Juga :  Sosok Suryatati Masih Berpengaruh

Ia juga melihat sosok Suryatati A Manan bisa menongkrat suara untuk paslon Lis-Maya bila pasangan ini benar-benar terwujud. ”Istilah kami ibu Suryatati A Manan pasti turun gunung untuk memenangkan putrinya,” bebernya.

Hanya saja Syahrul yang disebut-sebut bakal maju, belum memastikan partai apa saja yang akan mengusungnya. Sampai saat ini, H Syahrul belum diusung oleh Koalisi Setara (PKS dan Gerindra) dan belum tentu juga diusung Koalisi Anak Pinang (Golkar, Demokrat, PKPI dan PPP). ”Kalau Pak Lis, balon wakilnya sudah kita tahu arahnya. Kita belum lihat H Syahrul akan diusung oleh parpol mana,” bebernya.

Baca Juga :  Nurdin Minta Pengurus Partai NasDem Harus Kompak

Sementara itu, pengamat politik dari UMRAH Tanjungpinang, Adji Suradji Muhammad melihat simpatisan Suryatati A Manan tipis bisa mendulang suara banyak bagi Lis. Karena belajar di Pilwako Tanjungpinang sebelumnya.

Di Pilwako Tanjungpinang 2012 lalu, pasangan Maya-Dahlan, ternyata tidak bisa mengalahkan pasangan Lis-Syahrul. Padahal, di belakang Maya Suryanti saat itu sudah ada sosok ibu kandungnya, yaitu Suryatati A Manan yang selalu ikut keliling mensosialisasikan anaknya.

Pada saat itu, figur Suryatati A Manan sangat mempengaruhi hingga bisa mendulang suara pasangan Maya-Tengku Dahlan di Pilwako Tanjungpinang periode 2013-2018 mendatang. Royalitas Suryatati belum bisa diharap serta mendulang suara Lis-Maya di Pilwako Tanjungpinang. Sebab, Suryatati sudah tidak menjabat kepada daerah lagi sehingga simpatisannya selama ini belum tentu akan mengikuti arahannya lagi.

Baca Juga :  PKB Kepri Beri Saran Atasi Dampak Covid-19

Tapi, ia melihat politik itu dinamis, bisa saja hal terjadi. Termasuk, paslon Lis-Maya bisa meraih suara terbanyak kalau masyarakat nanti memberikan dukungan penuh.(ABAS- ANDRI DS)

Loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here