SPAM Rp1,017 M Dibangun

0
116
Wakil Walikota terpilih Rahma, didampingi Kabid Cipta Karya, Camat, Lurah meninjau pembangunan SPAM di Ganet, kemarin.

140 Rumah di Ganet Akan Dialiri Air Bersih

Satu lagi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dibangun. Lokasinya di kawasan Ganet. Sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp1,017 miliar.

TANJUNGPINANG – Untuk mengatasi krisis air bersih, ada beberapa SPAM telah dibangun. Di antaranya, SPAM Kampung Bugis, SPAM Tanjungunggat, SPAM Kampung Kolam dan SPAM Pulau Penyengat. SPAM di Ganet dibangun untuk melayani sekitar 140 rumah warga yang tinggal di Perum Bintan Permai RT 1, 2, 3 dan 4/ RW 4 Kelurahan Tanjungpinang Timur. Setelah dioperasikan nanti, maka warga setempat bisa bernafas legas, sebab ketersediaan air bersih akan terjamin.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama ini, warga setempat sebagian mengunakan air bersih dari air sumur. Kadang, mereka membeli air tangki, saat air sumurnya kering karena musim kemarau.

Proses pembangunan SPAM Ganet terus diawasi masyarakat setempat. SPAM tersebut bangun oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang (PUTR) Kota Tanjungpinang, Bidang Cipta Karya (CK).

Kini pekerjaannya sedang berjalan. Sumber anggaranya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp1,017 miliar.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang terpilih di Pilkada Tanjungpinang, Haj Rahma didampingi Camat Tanjungpinang Timur, Yeni beserta Kabid CK PUTR Tanjungpinang, M Ifran beserta stafnya meninjau progres pembangunan SPAM di kawasan itu, Jumat (14/9) pagi.

Rahma menuturkan, pekerjaan penyediaan air bersih di kawasan ini, tak terlepas dari pengajuan masyarakat ketika ia masih duduk sebagai anggota DPRD Tanjungpinang.

”Warga mengeluhkan air PDAM di kawasan itu sering mati dan tidak semua warga memiliki sumur.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara baik maka perlu pembangunan air di kawasan ini, kami mengharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat setempat,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos di lokasi.

Terkait teknis pelaksanaan, ia menyarahkan kepada dinas terkait yaitu PU Kota Tanjungpinang untuk pekerjaan fisik dan pengelolaannya nanti.

Sementara itu, Kabid CK PUTR Tanjungpinang, M Irfan menuturkan, proyek pekerjaan diperkirakan sudah 50 persen. Ditargetkan akan selesai sebelum akhir November mendatang.

Dituturkannya di kawasan itu dibangun dua sumber air, yang pertama kolam dangkal dengan kedalaman enam meter dan sumur bor dengan kedalaman 45 meter.

”Sebenarnya kolam dangkal enam meter itu sudah cukup namun mengantisipasi kekurangan air kami bangun juga sumur bor sebagai penyuplai ke dua,” tuturnya.

Irfan menuturkan, debit air mampu mengaliri untuk 200 KK, hanya saja sesuai kemampuan anggaran akan dipasangkan sambungan selang lengkap dengan meteran di 140 rumah warga setempat.

”Sebanyak 140 warga sudah mendaftar melalui RT setempat selaku koordinator pendaftarannya,” ucapnya.

Ia menuturkan, jika sambungan selangnya di tambah bisa saja, nanti akan dikomunikasikan sesuai kebutuhan warga dan anggarannya dibantu melalui APBD Pemko Tanjungpinang.

Ia menuturkan, pembangunan SPAM lainnya ada di dua lokasi berbeda, yaitu Kampung Bulang dan Kampung Kolam, Jalan Darusalam.

Rencananya tahun depan akan dilakukan di enam titik yang alokasi anggarannya sama, bersumber dari DAK.

Irfan menuturkan, melalui bidangnya tahun ini juga ada pekerjaan sanitasi yang juga sedang berjalan.

Terkait pengelolaan SPAM nantinya melibatkan masyarakat dibawah kepengurusan UPTD Pemko Tanjungpinang. Sedangkan sanitasi, di kelola masyarakat melalui kelompok yang dibentuk. (DESI-ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here