SPAM Tembeling Tak Kunjung Beroperasi

0
956
GEDUNG SPAM: Bangunan gedung pengelolaan SPAM Tembeling Tanjung sudah digunakan. Namun, SPAM Tembeling belum beroperasi.F-Adly HANANI/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – SPAM Teluk Bintan di Tembeling yang sudah selesai dibangun oleh satker, tak kunjung beroperasi, hingga saat ini. SPAM ini akan dioperasikan bila seluruh instalasi sambungan rumah (SR) sudah selesai.

Sementara, hingga saat ini SR ke rumah-rumah warga yang ada di Tembeling dan Kecamatan Toapaya belum dibangun. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bintan akan mengalokasikan anggaran dalam APBD-P tahun mendatang 2018, untuk membangun SR.

”Asetnya pinjam pakai, dan itu sudah dilaksanakan tahun 2016. Kita tinggal mengalokasikan anggaran buat membangun SR. Karena, Satker tidak membangun SR. Mereka hanya bangun pipa utamanya saja,” ungkap Kepala PUPR Bintan Juni Rianto, Minggu (8/10).

Baca Juga :  Mau Mutasi, 100 Kepsek Uji Kelayakan

Bila sudah dioperasikan, mengenai iuran bagi warga yang menggunakan Juni mengatakan, pengelola yang biasa dari pemerintahan kecamatan maupun pemerintahan kelurahan/desa, atas dasar kesepakatan bersama warga yang menggunakan. Dinas PUPR Bintan sambungnya, hanya memberikan saran teknis seperti perhitungan biaya operasional mesin SPAM, yang menggunakan genset maupun listrik dari PLN.

”Kita hanya menyarankan yang berkaitan dengan teknis saja. Kalau masalah iuran per bulannya, itu kesepakatan masyarakat dengan pengelola,” ujarnya.

SPAM ini bila beroperasi akan mengairi rumah warga yang ada di Tembeling dan Kecamatan Toapaya sekitarnya. Sedangkan untuk warga di Desa Toapaya Selatan kata dia, akan menggunakan pipa PDAM yang bersumber dari Waduk Sei Gesek.

Baca Juga :  Tanjungpinang Dominasi Juara Drumben PDBI Bintan

Kabid Sumber Daya Air (SDA) PUPR Bintan Egi Normansyah menambahkan, pengoperasian SPAM Tembeling belum dilaksanakan, lantaran masih ada beberapa sambungan pipa SPAM yang bocor sehingga perlu diperbaiki.

”Mereka (Satker) sudah mengerjakan, nanti dialokasikan pada anggaran daerah buat membangun SR-nya,” kata Egi. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here