Stabilkan Ekonomi, Peran BP Batam Ditunggu

0
143
PEMBELI saat menawar harga sayur-mayur di Pasar Baru Tanjungpinang, kemarin. f-suhardi/tanjungpinang pos

BATAM – Pengamat ekonomi Kepri yang juga dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Rafky Rasyid mengatakan, pertumbuhan ekonomi Kepri Triwulan I 2018 ini berada di atas prediksi. Kalau sebelumnya diprediksi hanya tumbuh 3,1 persen oleh Bank Indonesia (BI) ternyata bisa tumbuh hingga 4,47 persen.

Momentum ini harus dimanfaatkan untuk terus menggenjot pertumbuhan ekonomi hingga di atas 5 persen. Karena Batam membutuhkan pertumbuhan di atas 5 persen, supaya ekonomi berjalan normal dan pengangguran bisa terserap. ”Kita berharap tren ini terus naik sampai akhir tahun. Dan berharap peran Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk menstabilkan ekonomi Kepri,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (8/5).

Faktor eksternal yang cukup berpengaruh terhadap tingginya pertumbuhan ekonomi Kepri adalah bertahannya harga minyak mentah dunia di harga yang bagus. Sehingga perusahaan-perusahaan migas dan penunjangnya sekarang sudah mulai mendapatkan kontrak untuk beberapa tahun ke depan.

Faktor internal yang menyebabkan membaiknya pertumbuhan ekonomi Kepri triwulan I ini adalah keberhasilan langkah-langkah strategis yang dilakukan BP Batam dalam membenahi perizinan investasi dan membenahi permasalahan lahan di Batam.

Promosi wisata yang gencar dilakukan juga telah mampu menaikkan jumlah kunjungan turis ke Kepri dengan signifikan. BP Batam harus tetap mempromosikan pariwisata dengan bersinergi dengan Pemko Batam. ”Kita berharap BP Batam bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 nanti. Nampaknya apa yang dilakukan oleh BP Batam beberapa bulan belakangan ini telah cukup berhasil mendongkrak pertumbuhan ekonomi khususnya Kota Batam,” jelas Rafky.

Ia berharap seluruh pihak harus mendukung tercapainya target pertumbuhan ekonomi ini. Apalagi pengusaha dan BP Batam sudah sepakat menargetkan pertumbuhan ekonomi Kepri 2019 bisa mencapai 7 persen. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here