Staf IT UMRAH Segera Dimagangkan

0
111
UPT TIK UMRAH melakukan benchmarking ke Universitas Padjajaran (UNPAD) dan Institut Teknologi Bandung (ITB), Selasa (18/9) hingga Kamis (20/9) lalu. F-istimewa/TANJUNGPINANG POS

Usai Studi Banding di Unpad dan ITB

Staf Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) rencananya akan dimagangkan di Kampus Universitas Padjajaran (Unpad).

TANJUNGPINANG – RENCANA magang ini terealisasi apabila disetujui pihak rektorat. UPT TIK UMRAH yang melayai helpdesk dan pengembangan aplikasi ini rencananya ingin menyerap budaya kerja di Unpad dan berkolaborasi dalam pengembangan sistem informasi.

Niat untuk mengirimkan staf magang dalam waktu tertentu di Unpad setelah sebelumnya sudah dilakukan studi banding atau benchmarking ke Unpad dan Institut Teknologi Bandung (ITB) Selasa (18/9) hingga Kamis (20/9) di Kota Bandung.

Usai mengunjungi Unpad, Kamis pagi (20/9) UPT TIK mengunjungi ITB di Tamansari Bandung.

Rombongan UPT TIK disambut oleh Kepala Sub Direktorat Layanan Teknologi Informasi DTSI ITB, Mugi Sugiarto S.Si.,MAB dan Kepala Seksi Operasi Aplikasi dan Fasilitas Teknologi Informasi, Beni Rio Hermanto ST,MM di ruang DSTI ITB di lantai 4 gedung Center for Research and Community Service (CRCS) ITB.

”Kami menyambut baik kedatangan tim dari UMRAH untuk melakukan diskusi dengan kami soal layanan Teknologi Informasi. Semoga banyak yang bisa dipelajari dari kami dan kami juga dapat menambah pengetahuan dari UMRAH ” ujar Mugi.

Mugi kemudian menjelaskan mengenai sistem-sistem informasi yang ada di Institut Teknologi Bandung, termasuk database Oracle yang digunakan.

ITB juga menurut Mugi, selain menggunakan Aplikasi milik sendiri, tentu menggunakan Aplikasi milik negara seperti LPSE yang digunakan oleh direktorat logistik yang mengurusi pengadaan. ”Sedangkan E-Learning dulu di bawah unit kami, sekarang difokuskan menjadi UPT tersendiri yaitu UPT E-Learning,” ujar Mugi.

Usai bertukar cenderamata, rombongan UPT TIK UMRAH kemudian diajak mengunjungi data center milik ITB di lantai 1 gedung CRCS.

Pihak kampus UMRAH Tanjungpinang akan mengembangkan IT menyongsong Revolusi Industri 4.0 dimana Informasi Teknologi (IT) memegang peranan penting dalam berbagai proses bisnis, kemampuan pengelola teknologi informasi dan komunikasi di universitas perlu ditingkatkan.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here