STAI Miftahul Ulum Perkuat TIK Lewat Workshop

0
776
DOSEN dan mahasiswa STAI Miftahul Ulum bersama narasumber pada kegiatan workshop TIK di Ballroom Hotel Pelangi Tanjungpinang, kemarin.F-istimewa/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ-PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ulum Tanjungpinang melaksanakan workshop yang mengangkat tema ”Penyusunan Bahan Ajar dan Presentasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)”.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Pelangi Tanjungpinang, Minggu (11/3). Dengan TIK, bahan ajar yang disusun dapat mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Untuk itu, pihak HMJ-PAI STAI Miftahul Umum Tanjungpinang menganggap penting workshop yang digelar tersebut.

Bahan Ajar berbasis TIK dalam proses pembelajaran, yang didasari oleh karakteristik bahan ajar yang lebih kompleks. Penyusunan itu memanfaatkan keunggulan komputer, dan memanfaatkan teknologi multimedia.

Baca Juga :  Pendaftar di SBTI Membeludak

Selain itu, TIK memberikan kemudahan bagi pendidik dalam proses pembelajaran untuk menjelaskan hal-hal abstrak. Pembina himpunan mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam (HMJ-PAI) Milasari M.Pd.I mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan dosen dengan berbasis TIK. ”Selain memudahkan penyusunan bahan ajar, namun juga meningkatkan kemampuan presentasi mahasiswa dengan berbasis TIK,” ungkap Milasari.

Dengan demikian, dalam menggelar workshop tersebut pihak HMJ-PAI STAI Miftahul Ulum mendatangkan narasumber dari Kampus Universitas Batam Yodi S.kom M.Si. Pada workshop tersebut Yodi menjelaskan, bagaimana cara membuat materi pembelajaran yang berbasis TIK.

Baca Juga :  Stisipol Buka Jaringan ke Tiga Kampus

”Kita harus lebih dulu mencari media yang di inginkan, mengenali file yang akan dicari, memilih media pembelajaran, mengolah materi serta membuat media pembelajaran seperti DOC, PPT, XLS, PDF dan lainnya,” jerlas Yodi.

Ia menambahkan, memasuki abad Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini sangat dirasakan penguasaan IT menjadi keharusan.

Terlebih, hal itu sangat bermanfaat dan penting bagi perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah maupun tingkat perguruan tinggi.

Pemanfaatan TIK kita dapat meningkatkan kualitas SDM dan kualitas pembelajaran, yaitu dengan cara membuka lebar-lebar terhadap akses ilmu pengetahuan dan penyelenggaraan pendidikan bermutu.

Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi memberikan jangkauan yang luas, cepat, efektif, dan efisien terhadap penyebarluasan informasi seputar pendidikan ke berbagai penjuru dunia. Sehingga, dapat memberikan pengalaman baru dan menyenangkan baik bagi dosen dan mahasiswa/mahasiswi-nya dengan pemanfaatan TIK. Peserta dapat memahami dengan baik konsep dasar media, media pembelajaran dan media pembelajaran berbasis TIK.

Baca Juga :  Besok, 243 Sarjana Lulusan Stisipol akan Diwisuda

Kegiatan workshop ini diikuti sebanyak 160 peserta yaitu mahasiswa, dosen STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang dan sekolah tinggi lainnyabahkan ada juga yang dari Batam. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here