STAI Miftahul Ulum Sebar Mahasiswa KKN

0
1362
MAHASISWAI STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang berfoto bersama dosen pada kegiatan pelepasan kelompok I dan II KKN Pengabdian Masyarakat 2018.f-istimewa

TANJUNGPINANG – Mahasiswa adalah generasi penerus kepemimpinan juga Agen Perubahan (Agent of Change) di lingkup masyarakat luas. Dengan demikian, mahasiswa akan menjadi garda terdepan dalam perubahan tersebut.

Untuk itu, Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ulum Tanjungpinang kembali menurunkan mahasiswa/mahasiswi-nya ke lingkungan masyarakat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

KKN kali ini, pihak Kampus STAI Miftahul Ulum menurunkan empat kelompok KKN. Dari empat kelompok itu, dua kelompok melaksanakan KKN di wilayah Kabupaten Bintan dan sisanya di Kota Tanjungpinang.

Pelepasan kelompok KKN telah digelar pada Selasa (20/3) untuk kelompok I dan kelompok 2 di Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota. Kedua kelompok KKN tersebut dilepas Wakil Ketua I Bidang Akademik Kampus STAI Miftahul Ulum Suhardiman, M.Pd.I. Suhadirman menyampaikan, KKN sebagai wujud pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi. ”Mahasiswa selain mengejar berbagai prestasi akademis maupun non akademis, juga memperbanyak pengalaman dalam berbagai organisasi. Mahasiswa juga harus dituntut untuk melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan KKN ini,” ujar Suhardiaman, kemarin.

Baca Juga :  Mahasiswa Malaysia Teliti Bintan

Ia menambahkan, KKN adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Dosen Pembimbing Kelompok I KKN mahasiswa/mahasiswi STAI Miftahul Ulum Vita Dwi Lestari, S M. Pd menambahkan, bahwa pihaknya terlah mempersiapkan beberapa program kerja yang akan dilaksanakan.

Kegiatan-kegiatan itu, lanjut Vita, pengajian TPQ posko atau masjid, mengajar di PAUD dan SD hingga SMP. Selain itu, juga ada mengajar les mata pelajaran dan privat Bahasa Inggris.

”Kegiatan di atas merupakan rangkaian kegiatan harian. Namun juga ada kegiatan mingguan, seperti membantu di posyandu, senam, gotong royong bersama masyarakat, olahraga bersama serta yasinan di malam Jumat,” terang Vita.

Baca Juga :  32 Pengurus Himanegara FISIP UMRAH Dilantik

Vita juga mengungkapkan, masih banyak program kerja lainnya yang lebih menarik. Diantaranya, pelatihan pengemasan untuk home industri, seminar entrepreneur, menggelar bazar kuliner bersama masyarakat, pelatihan rias wajah bagi ibu-ibu serta membuat kerajinan tangan.

”Rencana program kerja yang kami susun, sebagai bentuk upaya mahasiswa/mahasiswi Kampus Miftahul Ulum Tanjungpinang mengabdikan diri untuk masyarakat. Sehingga, masyakat bisa menambah pengetahuan mereka yang melaksanakan KKN tersebut. Penerapan program yang akan dilaksanakan, nantinya juga disesuaikan pada keadaan, kondisi, dan kebutuhan dari masyarakat setempat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Perorang Dibantu Rp450 Ribu

Vita berharap, mahasiswa/mahasiswi STAI Miftahul Ulum lancar melaksanakan program kegiatan yang disusun selama kurang lebih 2 bulan lamanya. ”Semoga program kerja yang telah dirancang dapat terealisasi dengan baik,” harapnya. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here