STAI MU dan STIE Gelar Seminar TOEFL

0
148

TANJUNGPINANG – Sekolah Tinggi Agama islam Miftahul Ulum (STAI MU) Bakal menggelar seminar TOEFL untuk pelajar, mahasiswa dan umum, Minggu (25/11) mendatang. Rencananya, sebelum tes TOEFL, bakal ada seminar terlebih dahulu untuk mengetahui manfaat TOEFL dan bagaimana teknik tes TOEFL.

Muhammad Arvin Junyarto, sebagai ketua panitia acara, menyebutkan, sosialisasi acara sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu melalui media sosial dan sarana komuniaksi dunia maya lainnya. “Acara ini digelar oleh pihak STAI MU bersama STIE Pembangunan” sebut Arvin.
Saat disinggung tentang tiket tes TOEFL, Arvin mengaku ada beberapa cara mendapatkan tiket hingga bisa masuk menjadi peserta seminar dan test TOEFL yang akan digelar di Aula Gedung SMPN 4 Tanjungpinang.

Untuk tiket yang didapat mulai 3 Oktober hingga 14 Oktober, tiketnya Rp100 ribu. “Setelah 15 Oktober sampai 11 November tiketnya akan naik menjadi Rp120 ribu. Sedangkan setelah 12 November hingga 23 November tiket tes TOEPL ini menjadi Rp150 ribu.

Menurut Arvin, sertifikat TOEFL sangat banyak manfaatnya. Selain untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris, juga sebagai dasar atau standarisasi kemampuan berbahasa Inggris.

“Bahkan, untuk siswa SMA yang mendapt skor tinggi dalam ujian TOEFL, beberapa kampus menerapkan aturan masuk tanpa tes. Bahasa Inggris itu sangat penting bagi dunia pendidikan, hingga banyak kampus yang sangat mengapresiasi siswa yang sudah mahir berbahasa Inggris,” kata mahasiswa yang aktif di Himpunan Mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Inggris ini.

Selain penting untuk dunia pendidikan, sebutnya, dunia kerja juga memprioritaskan tenaga kerja yang mahir berbahasa Inggris.

“Untuk kemampuan TOEFL harus dilakukan berkala. Standar TOEFL secara umum hanya berlaku selama 2 tahun karena setiap orang kemampuan berbahasa inggrisnya pasang surut. Dan bagi yang terus berlatih tentu kemampuannya akan terus meningkat,” sebutnya.
Arvin memperkirakan, jumlah peserta yang akan ambil bagian dalam tes ini akan mencapai sekitar 400 orang.

“Meski jumlahnya nanti membeludak sampai 600 orang, ruangan yang disediakan tetap akan mampu menampung itu.

Arvin memperkirakan, peserta yang akan ikut test TOEFL ini selain dari kalangan pelajar yang akan menyelesaikan pendidikan tahun ini juga dari kalangan mahasiswa. “Untuk mahasiswa, biasanya ini sangat penting, karena sebagian kampus menerapkan hal ini sebagai salah satu peryarakat wisuda,” sebutnya.

Acara seminar nasional Bahasa Inggris dan tes TOEPL ini mengambil tema ‘3 Keys to Speak Englis Easily’. “Bagi yang tertarik untuk mengikuti Seminar dan test TOEFL ini bisa menghubungi panitia kami Dwi di nomor 081372659390,” Terang Arvin. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here