STAI-MU Siapkan Pengajar Untuk S2

0
610
PERPUSTAKAAN: Beberapa mahasiswa sedang membaca buku di ruangan perpustakaan, belum lama ini. F-ADLY HANANI/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAI-MU) sedang menyiapkan tenaga pengajar jenjang S2.

Program Studi (Prodi) yang akan ditingkatkan menjadi S2 adalah Pendidikan Agama Islam (PAI).

Sedangkan prodi di STAI-MU saat ini telah berjenjang S1 dan PAI lebih dulu menjadi S2 dari prodi lainnya.

”Penyusunan tahapan S2 prodi PAI dilakukan sejak 2 tahun lalu,” ujar Suhardiman MPd, Wakil Ketua I bidang kemahasiswaan STAI-MU, Senin (13/2).

Mengapa hanya prodi PAI yang ditingkatkan menjadi S2, Suhardiman MPd menjelaskan, prodi PAI merupakan prodi utama sebagai sekolah tinggi yang berbasis agama Islam.

”Sedangkan prodi lainnya, tetap menjadi unggulan STAI-MU. Namun, tetap berbasis ilmu agama,” katanya.

Sesuai dengan visi misi, Suhardiman menyabutkan, setiap lulusan STAI-MU harus menguasai ilmu tentang Islam serta mampu menerapkannya di masyarakat sebagai guru agama.

”Itu merupakan tujuan utama. Walau mahasiswa kuliah mengambil prodi bahasa inggris, tetap bisa menguaai ilmu tentang Islam,” terangnya.

Ilmu Islam merupakan standar kompetensi, bagi mahasiswa STAI-MU yang akan lulus. Seperti prodi Ekonomi Syariah, yang memahami kaedah-kaedah muamalah dalam kebijakan ekonomi.

”Saat ini masih tahapan penyusun tenaga pengajar untuk S2. Dan Kita berharap penyususnan cepat selesai, sehingga prodi S2 PAI bisa berjalan,” jelasnya.

Akhir tahun lalu, STAI-MU Re Akreditasi (perpanjangan) untuk Prodi S1 Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasilnya, S1 PAI dapat nilai B dengan bobot nilai yaitu 317, dan diputuskan berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No.2078/SK/BAN-PT/Akred/S1/IX/2016 Tanggal 29 September 2016. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here