STAIN-SAR Kepri Selenggarakan PBAK Virtual

0
351
UNSUR pimpinan, dosen dan mahasiswa STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau foto bersama usai kegiatan PBAK Virtual TA. 2020-2021. F-ISTIMEWA

BINTAN – Kampus yang Bersendikan Wahyu Berteraskan Ilmu, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau (STAIN-SAR Kepri) menggelar Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) Tahun Akademik 2020/2021 secara virtual.

PBAK dilaksanakan selama tiga hari, yang dimulai dari 23 September sampai 25 September 2020.

Pembukaan PBAK 2020 dilaksanakan hari ini, Rabu (23/9) diikuti Sebanyak 232 mahasiswa baru.

Secara seremonial, diundang 11 mahasiswa baru dari perwakilan setiap prodi untuk mengikuti pembukaan PBAK secara langsung dilaksanakan di Auditorium Razali Jaya yang berada di Kampus STAIN-SAR.

Segenap Civitas Akademika STAIN-SAR Kepri hadir langsung dalam pembukaan PBAK baik Daring ataupun Luring.

Ketua STAIN-SAR Kepri, DR Muhammad Faisal hadir langsung untuk membuka PBAK 2020, Wakil Ketua I, Aris Bintania, MAg Wakil Ketua III, H Fahmi Fikri, SAg MSi, Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan STAIN SAR Kepri, Dvi Afriansyah dan Ketua Ketua prodi juga menghadiri secara langsung.

Baca Juga :  Mahasiswa HI-UMRAH Harus Paham dengan Budaya Lokal

Tema dari PBAK 2020 adalah, ’Menciptakan Budaya Akademik Mahasiswa Yang Memiliki Keunggulan, Keislaman, dan Kemelayuan ditengah Kenormalan Hidup Baru’.

DR Muhammad Faisal dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru tahun Akademik 2020/2021.

Ditambahkan dia, pandemi Covid-19 yang ada di Indonesia berdampak pada aspek kehidupan terutama pendidikan yang harus terhenti, mulai dari pendidikan tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka, dialihkan menjadi daring.

”Tentu, hal tersebut juga berdampak pada program kerja (proker) dimasing-masing lembaga pendidikan. Perguruan tinggi salah satunya. Di kampus STAIN-SAR Kepri agenda kemahasiswaan lainnya seperti kegiatan PBAK akan digelar secara online”, imbuhnya.

Baca Juga :  Tiga Agenda Tahunan Disatukan

Dalam pembukaan PBAK 2020, Ketua STAIN SAR Kepri langsung menyampaikan materi tentang budaya akademik.

”Budaya akademik adalah budaya yang dihasilkan dari suatu komunitas, yang tindakannya didasari atas hasil ilmiah teknis dan mampu menjelaskan tindakannya itu. Atas dasar logika dan ilmu pengetahuan,” tambahnya.

DR Muhammad Faisal kembali mengatakan, ciri-ciri budaya akademik adalah memiliki kejujuran, kritis, kreatif.

Serta objektif, analitis, konstruktif, dinamis, dialogis, bisa menerima kritik, menghargai prestasi ilmiah/akademik, bebas dari prasangka dan bisa menyesuaikan argumentasi sesuai fakta.

Kasubbag Akademik dan kemahasiswaan STAIN SAR Kepri, Dvi Afriansyah, SPd mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru.

Tentunya selamat menjalani kehidupan sosial akademik yang baru dalam tekad membara sedari dini, membenahi niat dalam hati.

Harus tumbuhkan motivasi dan tunjukkan kalau semua peserta pantas menjadi mahasiswa STAIN-SAR Kepri.

Baca Juga :  Dies Natalis Asah Keterampilan Mahasiswa Menggelar Acara

Wakil Ketua III STAIN SAR Kepri, H Fahmi Fikri SAg MSi dalam sambutannya mengatakan, semoga semua mahasiswa baru yang telah diterima di STAIN SAR Kepri selalu dalam keadaan sehat walafiat dan lebih memiliki tanggung jawab karena saat ini kalian telah resmi menjadi mahasiswa.

Ketua STAIN-SAR Kepri secara simbolis, resmi membuka kegiatan PBAK 2020 yang akan dilaksanakan di kampus dan juga sebagian mahasiswa menyaksikan secara online.

Dengan mengumpulkan perwakilan mahasiswa baru diundang ke kampus. Serta menyaksikan peserta dikalungkan name tag peserta ini sebagai simbul dan prosesi itu adalah sebagai bentuk PBAK 2020 resmi dibuka. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here