Status KTP Bikin Bingung

0
1033
Warga saat mengurus administrasi kependudukan di Kantor Disdukcapil Tanjungpinang, Kamis (4/1).F-ANDRI/TANJUGNPNANG POS

MBS kepada Yth Kepala Disdukcapil, saya mau bertanya, apakah KTP elektronik yg sudah habis masa berlakunya perlu perpanjangan lagi, karna KTP-e keluaran th 2012 berakhir pd tahun ini (2017), berbeda dg KTP-e keluaran sekarang berlaku seumur hidup. Trimaksih atas penjelasannya.
+6285278187454

KTP Tak Siap-siap
MBS Bapak Wali Kota yang terhormat. Adik saya mengurus KTP El di kecamatan Bukit bestari dan perekamannya disana sudah lima bulan dan tidak selesai juga, Apakah ini namanya proses kerja yang lancar. Terima kasih.
+6281378398990

Cara Buat KTP Elektronik
MBS saya mau tanya buat ktp electrik cara nya gimana ya?
+6285762848371

Apa Kabar KTP-el?
MBS Bagaimana nasibmu ktp-el, kenapa blanko selalu menjadi alasan kurang? Padahal sejak dicanangkan tiap wilayah kan sudah tau kebutuhanya berapa. Kenapa datangnya macam orang kena sakit kencing jengkolan, sikit-sikit tak tuntas2, apa nunggu dana dari setnov
085264194449

Jam 10 Sudah Tak Boleh Antre
MBS Yth bapak walikota tanjungpinang dan bapak kadis kependudukan dan pencatatan sipil kota tanjungpinanag, saya warga perbatasan kota tanjungpinanang yang mau mengurus dokumen kependuduan yaitu KTP. Beberapa hari yang lalu saya ke disduk kota saya sedikit kecewa dengan pelayanan yg di berikan, saya datang jam 10 untuk pengurusan, tetapi apa daya sampai di sana nomor antrian telah abis,dan pegawai yg duduk di meja pelayanan mengatakan datang lagi besok dan datang lebih awal besok untuk ambil nomor antrian.“ Sempat kecewa dengan sistem antrian yg dibuat, seharusnya Disduk menerima semua berkas yg dibawa masyarakat, dan kasian juga masyarakat yg lain sudah jauh-jauh datang tapi berkasnya tidak diterima. Semoga tahun depan sistem antriannya lebih baik dan masyarakat yang datang ke Disduk lebih terlayani dengan prima.
081392676543

TANGGAPAN:
Saat ini sudah ada tambahan dua alat cetak KTP-el. Artinya Disduk Kota Tanjungpinang sudah punya 3 alat cetak KTP-el. Pemasangannya masih dalam proses. Warga Tanjungpinang yang sudah melakukan rekam KTP-el, kini tinggal menunggu panggilan saja untuk menjemput KTP-nya. KTP-el itu diprioritaskan untuk warga yang sduah dapat Surat keterangan (Suket) yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Parkir Rampas Hak Pejalan Kaki

Target Disduk kota, semua penerima Suket akan diganti dengan fisik KTP-el semua. Nanti proses pencetakannya akan dilakukan didisdukd an ruangannay sduah tersedia. Ruangannya itu bukan hanya untuk mesin cetak KTP-el saja, namun ada juga printer Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran. Di ruangan sebelahnya, tempat mencetak Suket KTP. Selain itu ada juga satu ruangan lagi untuk percetakan Kartu Identitas Anak (KIA).

Mudah-mudahan Akhir Oktober 2018 suah selesai semua. Saat ini masih ada masyarakat yang berdatangan untuk rekam data mengurus KTP-el. Masalah KTP-el saat ini ada beberapa katagori. Ada yang mengurus KTP-el karena memang belum pernah melakukan perekaman data, kedua ada juga yang mengurus KTP, karena KTP-elnya hilang atau rusak.

Baca Juga :  Pulau Bintan Dianaktirikan

Setiap hari ada sekitar 100-200 orang yang datang ke Kantor Disdukcapil di Batu 6, Tanjungpinang. Tapi, tidak semua mengurus KTP, ada juga yang mengurus dokumen lainnya. Dengan penambahan dua mesin baru KTP-el, tentu akan mempercepat proses pencetakan KTP-el. Dalam sehari, satu mesin, bisa mencetak 70 KTP-el. Jika dikalikan 3 maka akan mampu mencetak 210 KTP-el. Meski, kekuatan mesin mampu mencetak melebihi itu dalam sehari, namun tetap kita batasi karena kita khawatirkan mesin akan jebol kalau dipaksakan.

Untuk pProses mencetak KTP-el sendiri hanya sekitar dua menit. Yang membuat proses lama, yaitu menunggu data ke luar dari pusat. Pasalnya, jaringan data di pusat sering offline, mungkin karena banyak yang mengakses. bahkan akdang harus menunggu sampai 20 menit untuk mencetak satu KTP-el. Tapi, kalau jaringan bagus, proses cetaknya sangat cepat.

Baca Juga :  Makam Penuh Ilalang

Kita berupaya mempercepat menganti Suket dengan KTP-el agar administrasi kependudukan di Tanjungpinang lebih bagus dan rapi. Untuk blanko KTP-el ini pasokannya sudah tdiak bermasalah lagi, karena setiap pasokan habis kita diperbolehkan untuk mengambil langsung ke pemerintah pusat.

Kami akui, untuk membuat proses percetakan KTP-el Sumber Daya Manusia (SDM) di bagian pelayanan juga amsih minim. Di front office hanya ada empat pegawai. Setiap fungsinya melayani keperluan administrasi yang berbeda-beda. Ada khusus KTP, KK, Akta Kelahiran, KIA serta surat keterangan lainnya. Mereka juga yang mengurusi proses pemohon dan yang akan memberikan data yang dimiliki orang yang sebelumnya mendaftar. Jadi mohon maaf jika pelayanan lebih lama. Saya maunya, proses selesai lima menit. (dri)

Irianto
Kadisdukcapil Kota Tanjungpinang,

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here