Stisipol Dukung Program Kampung KB

0
340
KETUA Stisipol Raja Endri Sanopaka (kedua dari kiri) saat menerima kunjungan dari pihak BKKBN Provinsi Kepri untuk melanjutkan program kerja sama. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji melanjutkan kerja sama dengan Badan Kependuduk dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Terkait kesepakatan mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di berbagai desa di Kepri mengintegrasikan program Kampung Keluarga Berencana (KB).

Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka SSos MPM menjelaskan, peran mahasiswa yaitu mensukseskan program kampung KB dengan rangkaian sosialisasi. Diataranya tentang alat kontrasepsi jangka panjang, pelayanan mengenai bagaimana manfaat dari alat kontrasepsi serta pendataan pasangan usia subur di suatu desa.

”Kerja sama itu sebagai bentuk dukungan perguruan tinggi terhadap upaya pemerintah, dalam meningkatkan kualitas hidup bagi kesejahteraan keluarga sasaran melalui program kampung KB yang digagas BKKBN,” kata Endri, Senin (29/1).

Endri menjelaskan, mahasiswa yang melaksanakan KKN tahun 2018 akan mendapatkan pembekalan terlebih dahulu dari pihak BKKBN, sebelum pergi ke desa-desa yang menjadi lokasi KKN.

Harapannya, program pengabdian kepada masyarakat bisa bersentuhan langsung manfaatnya, melalui penjelasan yang diberikan.

Menurut Endri, di desa pada umumnya belum memahami berbagai bentuk KB. Bahkan kini masih ada beberapa keluarga yang memiliki anak lebih dari dua. Selain itu, masih adanya pasangan nikah muda yang bisa dikatakan masih dibawah umur.

”Sebagai mahasiswa, pelopor perubahan, tentunya harus memiliki peran aktif, dalam memberikan pemahaman terkait pergaulan yang sehat bagi pemuda,” ungkapnya.

Serta, memberikan sosialisasi tentang nikah yang ideal. Sehingga kualitas hidup kedepannya lebih baik. Endri menambahkan, mahasiswa merupakan kaum intelektual yang berperan penting sebagai agen perubahan atau Agent of Change serta agen pengawasan, dalam kehidupan bernegara.

Ia menuturkan, sebelumnya rombongan BKKBN Provinsi Kepri yang dipimpin Sakiman Hidayat mengunjungi Kampus Stisipol Raja Haji, pada 16 Januari lalu.

Pada kesempatan itu, Sakiman Hidayat mengatakan, kerja sama ini, dinilai efektif dalam mensosialisasikan program Kampung KB kepada masyarakat.

Tahun 2017 lalu, mahasiswa Stisipol Raja Haji yang melaksanakan KKN, mesukseskan Kampung KB dibeberapa desa di Kabupaten Natuna.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here