Stisipol Gandeng Tunghai University

0
705
MENUNJUKKAN: Pimpinan Tunghai University Dr Mao Jiun Wang (kiri) bersama Ketua Stisipol Raja Haji Endri Sanopaka S Sos MPM menunjukkan dokumen MoU setelah ditandatangani bersama. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji menjalin kerja sama pengembangan akademik dengan Tunghai University dan I-Shou University di Taiwan. Kerja sama itu dituangkan melalui penandatangan MoU di Kampus Tunghai University Taiwan, Senin (30/10) kemarin.

Ketua Ketua Stisipol Raja Haji Endri Sanopaka SSos MPM menuturkan, salah satu kerja sama yang akan direalisasikan dalam waktu dekat yakni, mengirimkan mahasiswa Prodi Sosiologi Stisipol Raja Haji untuk mengikuti Short Program di I-Shou University pada pertengahan bulan Desember mendatang.

Selain itu, sesuai kesepakatan akan melaksanakan pertukaran mahasiswa, staf, mengadakan seminar bersama, penelitian serta pertukaran dan pengenalan budaya. Awal mula kunjungan karena, pihaknya telah mengajukan Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani oleh pihak kampus asal Taiwan saat mengikuti pameran pendidikan di Batam dan Tanjungpinang pada Maret lalu.

”Setelah mengajukan LoI waktu itu, dan tahapan berikutnya kita sepakati dengan MoU. Kami mendiskusikan hal-hal yang menjadi acuan kerjasama untuk kedepannya,” jelas Endri Sanopaka, Jumat (3/11).

Ada pun alasan Stisipol Raja Haji melakukan kerja sama karena adanya kesamaan program dengan pihak Tunghai University. Kesamaan itu diantaranya bidang manajemen publik, kebijakan serta sosiologi. Kampus Tunghai University yang berada di Kota Taichung, Taiwan itu ke depannya akan merancang kegiatan bersama dengan kampus Stisipol Raja Haji.

Khususnya, pada bidang manajemen publik, kebijakan publik serta sosiologi publik dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi. Endri menambahkan, untuk pertukaran mahasiswa dan staf melalui kredit transfer berikut penelitiannya.

Untuk pelaksanaan penelitian bersama, nantinya akan ada sharing dengan pihak Tunghai University tentang pengalaman penelitian untuk manajemen publik kepada masyarakat di Taiwan khususnya sosiologi.

”Kunjungan kami ke Taiwan difasilitasi oleh Ikatan Alumni Taiwan (ICATI), yang didukung oleh Kementerian Pendidikan Taiwan. Selain dengan Tunghai University dan I-Shou University, ke depannya akan ada kerja sama dengan kampus lainnya,” paparnya.

Mengajukan LoI dengan kampus-kampus yang direkomendasikan pihak Kementerian Pendidikan Taiwan. Dalam hal ini, Pemerintah Taiwan sangat mendukung kerja sama internasional dengan perguruan tinggi di Indonesia.

Selama kurang lebih empat hari berkunjung ke Taiwan, rombongannya didampingi pejabat Kementerian Pendidikan Taiwan yang menangani kerja sama denga luar negeri. ”Selama di Taiwan, kami mengunjungi 11 kampus ternama termasuk Tunghai University dan I-Shou University. “Mudah-mudahan melalui program ini, akan meningkatkan kemampuan mahasiswa di Stisipol,” paparnya. Para mahasiswa yang dikirim tentunya melalui seleksi.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here