Stisipol Hentikan Penerimaan Mahasiswa Pindahan

0
1337
SEMINAR: Mahasiswa STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang saat mengikuti kegiatan seminar di kampus belum lama ini.

Tanjungpinang – SEKOLAH Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang akan menghentikan penerimaan mahasiswa pindahan.

Hal itu dilakukan karena, jika jumlah mahasiswa pindahan membludak akan mempengaruhi rasio penilaian dan berdampak pada proses akreditasi kampus.

Menurut Ferizone, Pembantu Ketua I Stisipol Raja Haji, banyaknya jumlah mahasiswa pindahan dikawatirkan bisa mengurangi poin penilaian asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

”Dengan alasan itu, akhirnya Stisipol Raja Haji sepakat menghentikan penerimaan mahasiswa pindahan. Dari tahun 2016 kami berangsur-angsur mengurangi penerimaan mahasiswa pindahanan,” sebutnya, Rabu (15/2).

Ketua Stisipol Raja Haji, Endri Sanopaka juga mengatakan, tahun ini akan ada proses akreditasi untuk program studi (Prodi) Sosiologi dan akan mengusulkan akreditasi institusi.

”Sebelumnya, pelaksanaan akreditasi program studi sudah pernah dilakukan. Pada tahun ini, kita mengusulkan akreditasi lembaga,” jelas Endri Sanopaka.

Langkah itu untuk menjalankan amanah undang-undang perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti), demi meningkatkan kualitas serta menjaga rasio dosen dan mahasiswa.

Selain itu, menurut Endri, sebagai perguruan tinggi memiliki tanggungjawab moral untuk membina mahasiswanya, tidak hanya serta-merta memikirkan rasio.

”Kebijakan Kemenristek Dikti yang saat ini sangat ketat. Terlebih masalah rasio antara dosen dan mahasiswa, dengan sanksi non-aktif jika prodi tidak sesuai rasionya,” ungkapnya.

Katanya, jika upaya rekrut mahasiswa pindahan tidak digentikan, dikhawatirkan berdampak serius dengan penilaian dan proses akreditasi itu.

”Jelas kami tidak mau jika terkena sanksi itu,” tegasnya.

Sedangkan, upaya pengurangan mahasiswa pindahan, telah sepakati dengan menyarankan mahasiswa pindahan harus mengajukan surat permohonan melanjutkan kuliah di Stisipol Raja Haji.

Setelah mengajukan permohonan pindah, mahasiswa akan menunggu pertimbangan apakah diterima atau tidak untuk menjadi mahasiswa di Stisipol.(ADLY BARA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here